SISTEM INFORMASI MONITORING INVENTORI BAHAN BANGUNAN PADA TOKO KOTA KEMBANG BERBASIS JAVA

Sahito Baharudin, Muhammad Tri Habibie, Pandhu Pramarta, Rio Wirawan

Abstract


Teknologi dan informasi yang sangat pesat membuat kegiatan bisnis semakin meningkat, sehingga membuat teknologi saat ini sangat diperlukan di segala bidang. Toko Kota Kembang saat ini masih menggunakan sistem manual untuk operasional setiap harinya, oleh sebab itu sering terjadi keterlambatan dalam proses pengolahan data bahan bangunan, sehingga akan mempengaruhi kinerja pada Toko Kota Kembang. Tujuan penelitian ini untuk merancang aplikasi data barang dan transaksi keluar masuknya barang dengan bahasa pemrograman java netbeans, dan metode pengembangan sistem yang digunakan menggunakan metodologi waterfall. Hasil yang dibangun pada aplikasi ini adalah laporan data barang dan  laporan transaksi keluar masuk barang yang telah tersimpan dalam satu database, sehingga mempermudah admin dalam pengelola data dan dalam pembuatan laporan data barang. Dengan Adanya sistem komputerisasi ini diharapkan dapat mempermudah pelayanan dan penyaluran infromasi yang dibutuhkan. Selain itu dengan sistem yang telah komputerisasi juga dapat membuat kerja menjadi lebih efisien.


Keywords


Laporan Data Barang, Inventori, Netbeans

Full Text:

PDF

References


N. W. Widyastuti, "Grounded Research", Modul Metode Penelitian Komunikasi UMB, p. 3.

M. Mailasari, “Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Waterfall,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 2, p. 207, 2019.

E. Nur et al., “diagram of extra shieldingEN1013 Derriford Model (1).pdf,” no. November, pp. 2–3, 2015.

R. A. Sagita and H. Sugiarto, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 4, pp. 1–7, 2016.

D. Driyani, “Perancangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Air Terjun ( Waterfall ),” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 1, p. 35, 2018.

S. Gulo and R. J. Simamora, “Perancangan Sistem Informasi Administrai Rawat Inap Dan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Umum Siti Hajar,” J. Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 30–42, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.