Manajemen Proyek Pembuatan Aplikasi Penjualan Sembako Berbasis Mobile Menggunakan Pendekatan Work Breakdown Structure (WBS) dan Diagram Jaringan (Network Diagram)

Nuraini Azizi Rachim, Sarika Afrizal, Ati Zaidiah

Abstract


Aplikasi Sembako Kita merupakan sebuah sistem informasi penjualan sembako berbasis mobile yang digunakan untuk pengalihan fungsi penjualan sembako secara konvensional menjadi secara online pada Pasar XYZ di wilayah Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Aplikasi ini dibangun agar dapat mempertahankan dan memperbaiki strategi bisnis yang saat ini terancam karena pandemi COVID-19. Dalam membangun aplikasi ini membutuhkan perencanaan dan langkah-langkah yang jelas sesuai dengan prosedur proyek yang benar. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu didahului dengan merumuskan kebutuhan fungsionalitas yang akan diimplementasikan pada saat membangun aplikasi, menentukan ruang lingkup pengerjaan aplikasi (Scope), menggambarkan fungsionalitas aplikasi pada Work Breakdown Structure (WBS), menentukan jadwal pelaksanaan kegiatan (Schedule) menggunakan Diagram Jaringan (Network Diagram) dan Jalur Kritis (Critical Path), mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan (Resource), dan menganalisis risiko (Risk Analysis). Pengerjaan proyek dikerjakan dengan disiplin mengikuti jadwal pelaksanaan sesuai dengan alokasi sumber daya proyek. Penelitian ini disusun sebagai panduan pembuatan aplikasi Sembako Kita agar dapat dipergunakan oleh masyarakat.


Keywords


Manajemen Proyek, Work Breakdown Structure, Network Diagram, Critical Path.

References


Jogiyanto, H.M. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Nurhayati. (2010). Manajemen Proyek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Driyani, D., dan Mustari, D. (2017). Managemen Proyek Untuk Perancangan Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web. JUTIS Journal of Informatics Engineering. 5(1): 6-12.

Kusumastuti. (2010). Perancangan dan Pengendalian Proyek. Jurnal Teknis. 20(3): 132-136.

Subekti, H. B., Yuliansyah, B., Devianty, F. A., Saleh, H. M., & Purnama, M. A. (2018). Manajemen Proyek dalam Pembuatan Aplikasi Penyewaan Baju Adat Berbasis Website (Studi Kasus: Toko Gulo Merah). Senimar Nasional Informatika, Sistem Informasi Dan Keamanan Siber (SEINASI-KESI) Jakarta Indonesia. 1(1): 186–191.

Martono, A. (2012). Perencanaan Sistem Database Penempatan Tenaga Kerja Berbasis Web dengan Pendekatan Work Breakdown Structure dan COCOMO. Rekayasa Teknologi. 4(2): 8-14.

Maddeppungeng, A., Suryani, I., & Iskandar, M. (2015). Analisis Pengendalian Penjadwalan Pembangunan Gedung Administras Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang Menggunakan Metode Work Breakdown Structure (WBS) Dan Kurva-S. Jurnal Fondasi. 4(1): 88-98.

Regatama, G., Amiruddin, W., & Mulyono, I. P. (2019). Analisis Network Planning Reparasi Kapal SPB TITAN 70 Dengan Metode Critical Path Method. Jurnal Teknik Perkapalan. 7(4): 152-160.

Hermanto, Fauziah, N., & Wiratmani, E. (2017). Analisis Network Planning Dengan Critical Path Method (CPM) Pada Proyek Uninteratuble Power Supply (UPS) 80KVA Pada PT Harmoni Mitra Sukses (Studi Kasus: RSAB Harapan Kita, Jakarta). Jurnal Teknik. 6(1): 88-97.

Astuti, R. (2018). Implementasi Manajemen Risiko Sistem Informasi Menggunakan COBIT 5. Media Informasi. 17(1): 18-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.