Perancangan Sistem Arsip Persuratan Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta (Si-APIK) dengan Framework Laravel dan Metode Pengembangan Waterfall

Irzan Fajari Nurahmadan, Pradista Aprilia Winarno, Adha Maliq Ibrahim, Ghozi Ihza Humamda, Henki Bayu Seta

Abstract


Sistem Arsip Persuratan Fakultas Ilmu Komputer (Si-APIK) merupakan Sistem Informasi yang dikembangkan untuk memudahkan proses persuratan yang ada didalam Fakultas Ilmu Komputer, sistem ini mencakup dua jenis persuratan yang ada di dalam Fakultas Ilmu Komputer, dua jenis persuratan tersebut yaitu surat internal dan juga surat eksternal. Masing – masing dari jenis persuratan ini memiliki fungsi yang berbeda, tentu untuk mendatanya akan membutuhkan waktu apabila dilakukan secara manual, dengan ini maka Si-APIK hadir untuk mempermudah proses pendataan serta proses pengarsipan. Si-APIK ini dibangun dengan menggunakan framework yang umum digunakan yaitu framework laravel, framework ini merupakan framework yang menggunakan bahasa PHP yang merupakan salah satu dari bahasa pemrograman yang cukup sering digunakan untuk membentuk back end dari suatu website. Selain itu Si-APIK ini dibangun juga berdasarkan metode pengembangan waterfall dimana dalam setiap tahapan metode waterfall dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang nantinya akan digunakan kemudian dilanjutkan dengan melakukan design system, implementation, integration, dan operation maintenance.


Keywords


Si-APIK, laravel, waterfall

References


SIHOTANG, H. T. (2019). Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan. 3(1), 6–9.

Soegoto, E. S. (2018). Implementing Laravel framework website as brand image in higher-education institution. IOP Conference Series: Materials Science

Driyani, D. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Air Terjun (Waterfall). STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 3(1), 35-43.

Stauffer, M. (n.d.). Matt Stauffer - Laravel Up and Running - 2017.

Yulianto, R. W. (2019). Pengembangan (Sismaka) Sistem Informasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web Pada Kantor Kelurahan Sukorejo Semarang. Jurnal Ilmiah Cendekia Eksakta, 2(1), 101–111.

Larasati, Hilari. Masripah, Siti. (2017). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN GRC DENGAN METODE WATERFALL. 13(2): 193-198.

Sahrul B, Firma, dkk. (2016). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL. Jurnal Transformasi, 12(1).

Dewi, I. K. (2019). Pengelolaan Administrasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Unit Kerja Baak Berbasis Web. Jursima, 7(2), 115.

Somya, R., Nathanael, T. M. E. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Web Menggunakan Teknologi Web Service Dan Framework Laravel. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 16(1), 51-58.

Suhartanto, M. (2017). pembuatan website sekolah menengah pertama negeri 3 delanggu dengan menggunakan php dan mysql. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.