Analisis Pengembangan Aplikasi Mobile Tukangbersih Indonesia (Studi Kasus : Pt. Anilo Adikarya Sentosa)

Muhammad Ridwan Fazli, Muhammad Rizaldi, Leonardo Pandapotan, Yuni Widiastiwi

Abstract


Pandemi yang melanda Indonesia pada bulan Maret ini menimbulkan dampak yang besar terhadap masyarakat Indonesia. Salah satu dampak dari pandemi ini adalah GoLife, salah satu penyedia jasa kebersihan harus tutup, sehingga banyak mitra dari GoLife yang kehilangan pekerjaan. Oleh karena itu, PT. Tukang Bersih Indonesia ingin melakukan pembaharuan terhadap aplikasi dan fasilitas yang diberikan dengan PT. Anilo Adikarya Sentosa sebagai developer untuk meningkatkan pelayanan dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Penelitian ini menggunakan metode waterfall untuk pengembangan desain aplikasi mobile Tukang Bersih. Dalam penelitian ini penggunaan metode waterfall hanya sampai pada tahap analisis dan desain. Berdasarkan pengamatan penulis, use case diagram oleh admin dapat dibagi menjadi 2, yaitu admin melakukan reschedule pemesanan sesuai dengan permintaan user, dan admin dapat melakukan blasting pemesanan kepada housekeeper. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka disimpulkan yaitu, merubah tampilan aplikasi yang sudah ada dengan tampilan yang baru, dan terdapat beerapa fitur pelayanan baru yang ditambahkan seperti : Gardening, Ironing, Car Wash, Event Helper, Detail Cleaning.


Keywords


waterfall, aplikasi mobile, analisis, desain.

References


Ariawan, Moh. Dani, Agung Triayudi, dan Ira Diana Sholihati. (2020). “Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan” Dalam Jurnal Media Informatika Budidarma Vol. 4 No.1 (hlm. 160-166).

Kurniawan, Tri Astoto. (2017). “PEMODELAN USE CASE (UML): EVALUASI TERHADAP BEBERAPA KESALAHAN DALAM PRAKTIK” dalam Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 5(1): 77-86.

Laguna, Manuel dan Johan Marklund. 2018. Business Process Modeling, Simulation and Design Third Edition. Florida: CRC Press

Muhammad, Fhadilla, Radityo Adi Nugroho, dan Dodon Turianto N. (2018) “Analisis User Experience Untuk Tingkat Keterpilihan Smartphone Android” dalam Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer Vol. 4(1): 82-91.

Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: ABDI SISTEMATIKA.

Prajarini, Dian. (2018). “PERANCANGAN PROTOTYPE WEB PROFILE DESA WISATA DAN KERAJINAN GAMPLONG SLEMAN DENGAN METODE DESAIN USER EXPERIENCE” dalam AKSA JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL Vol. 2(1): 249-259.

Surahman, Surawijaya dan Eko Budi Setiawan. (2017). “Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan” dalam ULTIMA InfoSys Vol. VIII No.1. Bandung : Universitas Komputer Indonesia.

Suryadi, Andri. (2017). “PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL” dalam Jurnal PETIK Vol. 3(1): 8-13.

Tristianto, Chrisantus. (2018). “PENGGUNAAN METODE WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN PEDESAAN” dalam Jurnal Teknologi Informasi ESIT Vol. 12(1): 8-22.

Yohana, N. D. dan Fitri Marisa. (2018). “Perancangan Proses Bisnis Sistem Human Resource Management (HRM) Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai” dalam Jurnal Informatikan Merdeka Pasuruan Vol. 3(2): 23-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.