Analisis Kualitas Website E-learning Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa

Refina Khalisha Azmi, Erly Krisnanik, Andhika Octa Indarso

Abstract


Seiring perkembangan teknologi di Indonesia yang begitu pesat, banyak perguruan tinggi yang memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran jarak jauh. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi yang telah menerapkan proses belajar mengajar melalui media e-learning pada website elearning40.upnvj.ac.id. Untuk membantu pengembangan e-learning, maka perlu dilakukan penilaian kualitas dengan metode WebQual 4.0 yang memiliki tiga variabel, yaitu usability, information quality, dan service interaction quality serta 22 indikator. Metode analisis data yang digunakan adalah Importance-Performance Analysis (IPA) untuk mengukur tingkat kesenjangan antara kinerja dan kepentingan pengguna sehingga dapat memberi gambaran mengenai indikator-indikator yang perlu diperbaiki atau perlu dipertahankan. Hasil yang diperoleh dari analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata gap analysis pada seluruh atribut bernilai negatif yang berarti secara keseluruhan kualitas website e-learning Universitas Pembangunan Nasional Veteran belum memenuhi harapan pengguna, selain itu pada pemetaan yang berdasarkan Importance-Performance Analysis terdapat 13 atribut yang dianggap penting oleh pengguna dan perlu tindakan prioritas, yaitu pada kuadran I dan II.


Keywords


Kualitas; Website; E-Learning; WebQual 4.0; Importance-Performance Analysis

References


Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2014). The Role of E-learning, Advantages and Disadvantages of Its Adoption in Higher education. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2(1), 397–410.

Barnes, S. J., & Vidgen, R. (2003). Measuring Web site quality improvements : a case study of the forum on strategic management knowledge exchange. Industrial Management & Data Systems, 103(5), 298–309. https://doi.org/10.1108/02635570310477352

Buntak, K., Adelsberger, Z., & Nađ, I. (2012). Impact of Product Quality in the Business of the Organization. International Journal for Quality Research, 6(3), 271–283.

Ferdika, M., & Kuswara, H. (2017). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT Era Makmur Cahaya Damai Bekasi. Information System for Educators and Professionals, 1(2), 175–188. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/390/392

Hasyim, M., & Listiawan, T. (2015). Penerapan Aplikasi IBM SPSS untuk Analisis Data bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung Demi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kreativitas Karya Ilmiah Guru. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 28–35. https://anzdoc.com/maylita-hasyim-1-tomi-listiawan-2.html

Lestari, S., & Priandini, H. (2018). Implementasi Metode Importance Performance Analysis Dan Webqual Dalam Penggunaan Website Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. CKI On SPOT, 11(1), 31–47.

Nasution, L., Aknuranda, I., & Rachmadi, A. (2018). Evaluasi Situs Web Pemerintah Menggunakan Metode Webqual dan Importance-Performance Analysis ( IPA ) (Studi Kasus: Situs Kecamatan Lowokwaru-Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK), 2(11), 4377–4384.

Oktofiyani, R., Nurmalasari, & Anggraeni, W. (2016). Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Study Kasus Siswa/i Kelas X Di SMU Negeri 92 Jakarta. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1), 46–53.

Pamungkas, R. A., Alfarishi, E., Aditiarna, E., Muklhisin, A., & Aziza, R. F. A. (2019). Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Sragen dengan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysist (IPA). Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 12–17. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.220

Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.26460/jm.v6i1.196

Ramdhani, M. (2016). Pengaruh Sosial Media (Facebook) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa (UNSIKA) Karawang. Politikom Indonesiana, 1(1), 66–78.

Siregar, R. K. D., & Fitriawan, R. A. (2018). ANALISIS KUALITAS WEBSITE RUANGGURU.COM MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 DAN IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS). E-Proceeding of Management, 5(1), 1201–1208.

Sumaryadi, A., & Azzahra, I. S. S. (2014). Onlinekan. Azzahra Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.