Rancang Bangun Aplikasi SAFER (Save From Disaster) Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat Tentang Bencana Alam dan Mitigasi Bencana Alam

Herlambang Dwi Prasetyo, Abdullah Fahmi, Hendi Triatmoko, Nurdianysah Nurdianysah

Abstract


Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia memiliki potensi mengalami bencana yang tinggi. Untuk itu diperlukan sarana pembelajaran dan informasi bagi masyarakat untuk mengetahui lebih dalam mengenai bencana-bencana yang berpotensi terjadi di daerahnya. Aplikasi Safer adalah aplikasi berbasis sistem operasi Android yang dirancang sebagai media pembelajaran bagi masyarakat mengenai bencana alam yang berpotensi terjadi di Indonesia dan menyediakan informasi terkait pencegahan, serta penanggulangannya. Dengan menggunakan metode pengembangan sistem Rapid Application Development (RAD), durasi pengembangan aplikasi menjadi lebih efisien dan diharapkan aplikasi dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat terkait bencana alam dan mitigasinya.  Melalui penggunaan aplikasi Safer, diharapkan akan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai bencana alam yang berpotensi terjadi di Indonesia khususnya di daerahnya masing-masing dan bagaimana proses mitigasinya. Hal itu dapat meminimalisir risiko kerugian baik secara moril atau materiil dari kejadian bencana alam tersebut.


Keywords


Safer, Rapid Application Development (RAD), Bencana Alam, Android

Full Text:

PDF

References


J. F. Tompoh, S. R. Sentinuwo, and A. A. E. Sinsuw, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran Berbasis Android .,” E-journal Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2016.

K. K. E. and K. J. E., Systems Analysis and Design, 8th ed. New Jersey: Prentice Hall, 2011.

S. Aswati and Y. Siagian, “Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan,” J. Sesindo, pp. 317–324, 2016.

M. Sa’diyah, R. Saputra, and H. D. Prasetyo, “PERANCANGAN M-COMMERCE BERTEKNOLOGI WEB 2.0 SEBAGAI SARANA PROMOSI USAHA MIKRO,” Sist. Inf. Dan Keamanan Siber, vol. 1, no. 1, pp. 139–143, 2018.

A. K. Putra, R. D. Nyoto, and P. H. Sasty, “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private Di Kota Pontianak Berbasis Web,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 22–26, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/viewFile/17991/15281.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.