Analisis Penilaian Pengguna terhadap Kualitas Layanan Website Yayasan Beasiswa Jakarta Menggunakan Metode Webqual 4.0

Catra Butu Winardi, Titin Pramiyati, Ruth Mariana Bunga Wadu

Abstract


Website digunakan oleh banyak organisasi maupun perusahaan untuk menjalankan proses bisnis. Yayasan Beasiswa Jakarta menggunakan website untuk menyebarkan informasi dan melakukan pendaftaran beasiswa. Tetapi dalam website Yayasan Beasiswa Jakarta masih banyak aspek-aspek yang harus diperhatikan. Dengan begitu diperlukan analisis penilaian kualitas website berdasarkan penilaian pengguna untuk mengetahui bagaimana kualitas website Yayasan Beasiswa Jakarta menggunakan indikator variabel pernyataan metode webqual 4.0 yang dipilih menggunakan metode diagram fishbone. Metode kuantitatif digunakan untuk melakukan pengumpulan data survei, selanjutnya menyebarkan kuesioner berdasarkan teknik sampling dari populasi purposive random sampling. Pengujian data hasil penelitian dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji sample paired t - test, selanjutnya analisis data dengan analisis nilai kesenjangan, webqual index (WQI), dan menghitung nilai importance performance analysis (IPA). Setelah dilakukan analisis penilaian pengguna terhadap kualitas layanan website Yayasan Beasiswa Jakarta hasil analisis nilai webqual index dari setiap indikator variabel pertanyaan bahwa nilai rata-rata webqual index adalah 0,72, untuk nilai terendah adalah 0,62, dan nilai tertinggi adalah 0,76 yang berarti kualitas layanan website Yayasan Beasiswa Jakarta adalah baik sehingga menunjukkan bahwa hipotesis H1, H2, dan H3 dapat diterima.


Keywords


Analisis Diagram Fishbone, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis.

References


N. Qotrun dan S. Wibowo, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik,” J. Inform. Upgris, vol. 1, no. 1, hal. 122–131, 2015.

Yuhefizar, H. Mooduto, dan R. Hidayat, Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management Systems Joomla Edisi Revisi. Jakarta: Komputindo, PT Elex Media, 2009.

S. Galih, “7 Tantangan Terbesar Web Designer Dalam Membuat Website,” www.indosmartdigital.com, 2017. [Daring]. Tersedia pada: https://www.indosmartdigital.com/artikel-71-7-tantangan-terbesar-web-designer-dalam-membuat-website.html. [Diakses: 15-Mei-2020].

M. L. Jundillah, J. E. Suseno, dan B. Surarso, “Evaluation of E-learning Websites Using the Webqual Method and Importance Performance Analysis,” E3S Web Conf., vol. 125, no. 2019, hal. 1–5, 2019, doi: 10.1051/e3sconf/201912524001.

A. Yulandari, W. W. Winarno, dan A. Nasiri, “Evaluasi Kualitas Layanan Website Alumni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Citec J., vol. 5, no. 2, hal. 174–179, 2018.

E. Kusnadi, “Fishbone Diagram dan Langkah-Langkah Pembuatannya,” https://eriskusnadi.com/, 2011. [Daring]. Tersedia pada: https://eriskusnadi.com/2011/12/24/fishbone-diagram-dan-langkah-langkah-pembuatannya/. [Diakses: 18-Mei-2020].

D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach],” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, hal. 51, 2016, doi: 10.17933/bpostel.2016.140105.

S. Rahadji, “Cara Uji Paired Sample T-Test dan Interpretasi dengan SPSS,” https://www.spssindonesia.com/, 2016. [Daring]. Tersedia pada: https://www.spssindonesia.com/2016/08/cara-uji-paired-sample-t-test-dan.html.

F. A. Fitrony dan F. Marisa, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Pada Malang Dorm Hostel,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, 2018, doi: 10.31328/jointecs.v3i2.784.

S. Muthmainnah, L. Slamet, dan T. Sriwahyuni, “Analisis Kualitas Layanan Portal kemahasiswaan.ft.unp.ac.id Menggunakan Metode Webqual4.0 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Sebagai Pengguna Portal Kredit Ekstrakulikuler),” J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., vol. 4, no. 2, hal. 70–74, 2016.

J. F. Andry, K. Christianto, dan F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, hal. 23–31, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.1.23-31.

A. A. Syahidi, A. N. Asyikin, dan S. Subandi, “Measuring User Assessments and Expectations: The Use of WebQual 4.0 Method and Importance-Performance Analysis (IPA) to Evaluate the Quality of School Websites,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, hal. 76–89, 2019, doi: 10.25126/jitecs.20194198.

Tristiyanto, D. Saputri, dan M. Iqbal, “Implementasi Metode Webqual dan Customer Satisfaction Index Untuk Mengevaluasi Website Perguruan Tinggi Negeri Di Bandar Lampung,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 07, no. 1, hal. 57–69, 2020.

A. M. Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Padang: Prenada Media, 2014.

D. Sunarsi, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Usaha Mandiri Jakarta,” JENIUS (Jurnal Ilm. Manaj. Sumber Daya Manusia), vol. 1, no. 2, hal. 1–24, 2017, doi: 10.32493/jjsdm.v1i2.919.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.