Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web untuk Pelayanan Publik pada Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang.

Amalia Khairunnisa Soemarsono, Rudhy Ho Purabaya, I Wayan Widi Pradnyana

Abstract


Undang-Undang No.6 tahun 2014 mengenai Sistem Informasi Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan mendorong pemerintahan desa untuk dapat mengembangkan sistem informasi desa sebagai akses informasi untuk masyarakat desa. Tujuan penelitian ini yaitu merancang dan membangun sistem informasi pelayanan publik di desa Tengkurak, kecamatan Tirtayasa, kabupaten Serang. Sedangkan manfaat penelitian ini membantu pemerintah desa dalam memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakatnya dan masyarakat dapat mengakses sistem untuk mendapatkan berbagai informasi tentang layanan-layanan yang diberikan oleh pemerintah desa tengkurak. Adapun metode yang digunakan dalam merancang dan membangun sistem informasi desa ini yaitu dengan metode prototype, sedangkan database yang digunakan yaitu MySQL. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa prototipe sistem informasi desa berbasis web.


Keywords


Sistem informasi desa, pelayanan publik, metode prototype.

References


Pemerintah Desa, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Lembar RI Tahun 2014 No. 7.” Sekertariat Negara, Jakarta, 2014.

Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.

A. Wibowo and A. Azimah, Rancang Bangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Throwaway Prototyping Development. Yogyakarta, 2016.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871.

S. S. Simatupang Julianto, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BUS PADA PO. HANDOYO BERBASIS ONLINE Julianto,” J. Intra-Tech, vol. 3, no. 2, pp. 11–25, 2019.

A. A. Arwaz, T. Kusumawijaya, R. Putra, K. Putra, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Pemenang Tender Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 4, p. 130, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i4.3708.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.