Evaluasi Penerimaan dan Penggunaan dalam Kepuasan Pengguna terhadap Aplikasi Simlitabmas UPN Veteran Jakarta Menggunakan Pendekatan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (Utaut)

Nursafira Khoirunniswah, Kraugusteeliana ., Anita Muliawati

Abstract


Dengan berkembangnnya ilmu teknologi dan informasi membuat peranan sitem informasi pada dunia pendidikan sangatlah penting. Penggunaan sistem informasi pada pendidikan bukan hanya menunjang kegiatan belajar mengajar, melainkan seluruh kegiatan manajemennya. UPN “Veteran” Jakarta telah menerapkan teknologi pada setiap kegiatan fungsional, salah satunya Aplikasi Simlitabmas UPN “Veteran” Jakarta diperuntukan bagi seluruh dosen tetap UPN “Veteran” Jakarta untuk memudahkan pengunggahan data informasi dan dokumen penting pada penelitian dan pengabdian masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang paling mempengaruhi niat dan penggunaan Aplikasi Simlitabmas UPN “Veteran” Jakarta pada model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Pada kesimpulan menunjukan bahwa pengguna merasa puas dengan ekspektasi kinerja, pengaruh sosial dan kondisi fasilitas pada Aplikasi Simlitabmas UPN “Veteran” Jakarta. Sementara hipotesis ekspektasi kemudahan ditolak sehingga pengguna merasa kurang puas dengan ekspektasi kemudahan pada Aplikasi Simlitabmas UPN “Veteran” Jakarta


Keywords


UTAUT, Penerimaan Sistem, Simlitabmas UPNVJ.

References


V. Venkatesh, “User Acceptance of Informatio Technology: Toward sa Unified View,” Microvasc. Res., vol. 27, no. 2, pp. 252–269, 2003, doi: 10.1006/mvre.1994.1019.

S. Haryono, METODE SEM untuk Penelitian Manajemen AMOS LISREL PLS. Luxima, 2017.

Sugiyono, MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet, 2016.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,” J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.

C. Dewi et al., “Penerapan Model UTAUT Untuk Pemahaman Sistem Informasi Akademik di Politeknik Negeri Sriwijaya,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2018 (SENTIKA 2018), vol. 2018, no. Sentika, pp. 23–24, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.