Desain Database Pengelolaan Administrasi pada Internship And Research Application System Bagi Para Pelajar Di Kementerian Komunikasi Dan Informatika (KOMINFO)

shabrina shabrina, Kraugusteeliana Kraugusteeliana, Nur Hafifah Matondang

Abstract


Pengelolaan magang dan penelitian di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) masih dilakukan secara manual dan data yang diterima atau dikeluarkan masih dalam bentuk arsip sehingga pengelolaan magang dan penelitian bagi para siswa dan mahasiswa masih kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah merancang database yang merupakan pendukung dalam pembuatan sistem pengelolaan magang dan penelitian untuk siswa dan mahasiswa. Dengan menggunakan metode Data Base Life Cycle yang memiliki beberapa tahapan perancangan database yang detail diharapkan dapat membantu dalam penyelesaian masalah pengelolaan magang dan penelitian di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).


Keywords


Database, Data Base Life Cycle, Magang dan Penelitian, Pengelolaan

References


Pamungkas, Canggih Ajika. (2017). Pengantar dan Implementasi Basis Data. Yogyakarta: Deepublish.

Febriadi, Bayu dan Ahmad Zamsuri. (2017). Efektifitas Aplikasi RDBMS Sebagai Media Arsip Data Pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru Berbasis Online. Jurnal Sains Komputer & Informatika, 1(2), 197-202.

Sularno dkk. (2019). Sistem Informasi dan Pemetaan Mitra Tambal Ban Menggunakan location Based Service Berbasis Android Pada Ud Usaha Abadi. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 78-82.

Lavarino, Dio dan Wiyli Yustanti. (2016). Rancang Bangun E-Voting Berbasis Website di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Manajemen Informatika, 6(1), 72-81.

Hasugian, Penda Sudarto. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82-86.

Lestari, Sri Isfantin Puji. (2019). Peramalan Stok Spare Part Menggunakan Metode Least Square. Medan: CV. Sefa Bumi Persada.

Pane, Syafrial Fachri dkk. (2019). Oracle Apex For Beginner. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Lestari, Sri Isfantin Puji. (2019). Peramalan Stok Spare Part Menggunakan Metode Least Square. Medan: CV. Sefa Bumi Persada.

Pane, Syafrial Fachri dkk. (2019). Oracle Apex For Beginner. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.