Perancangan User Interface Sistem Informasi Desa Menggunakan Metode Goal-Directed Design (Studi Kasus : Desa Sukamanah)

Muhammad Giffari Raihan Pamungkas, Anita Muliawati, Andhika Octa Indarso

Abstract


Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten membutuhkan sebuah perancangan sistem berupa tampilan user interface yang baik dan mudah dipahami oleh pegawai desa dan warga desa sehingga dapat memudahkan dan mempercepat proses pelayanan. Selama ini, pelayanan kepada warga desa masih dilakukan secara konvensional dikarenakan banyak warga desa yang belum memahami teknologi informasi. Hal ini berisiko menyebabkan antrian panjang dikarenakan proses yang memakan waktu cukup lama. Dalam rangka membuat pelayanan kepada warga desa menjadi lebih cepat maka membutuhkan rancangan user interface sistem informasi desa yang sesuai dengan kebutuhan pihak desa Sukamanah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang tampilan user interface berdasarkan kebutuhan pihak desa Sukamanah pada sistem informasi desa dengan menggunakan metode Goal-Directed Design yang terdiri dari 6 fase. Fase research, mencari kebutuhan sistem yang diinginkan oleh pengguna. Fase modelling,mencari karakteristik pengguna dengan membuat user persona. Fase requirement, menghasilkan skenario pengguna dan menjelaskan kebutuhan sistem dengan menggunakan Hierarchical Task Analysis. Fase framework definition, membuat struktur antar muka dalam bentuk wireframing. Fase refinement, menyempurnakan struktur antar muka ke bentuk high-fidelity. Fase development support, merupakan fase pengujian kualitatif kepada pengguna dengan menggunakan penilaian berdasarkan System Usability Scale (SUS) untuk mendapatkan umpan balik terhadap prototype sistem informasi desa yang sesuai dengan kebutuhan. Hasil dari penelitian ini adalah user interface berhasil dibuat dan mendapatkan nilai rata-rata 72,5 dengan predikat “acceptable


Keywords


Sistem Informasi Desa; User Experience; Goal-Directed Design; System Usability Scale

References


Undang-Undang Negara Republik Indonesia nomor 6 tahun 2004.

Lawrence, D. (2016). Pengertian, Implementasi, dan Pemanfaatan User Experience dalam Bidang TIK.

Sabariah, M.K., & Prasojo, A. (2015). Rekomendasi User Interface Menggunakan Metode Goal Directed Design pada Website PPDU Telkom University.

H.N, I. A., Nugroho, P. I., & Ferdiana, R. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 17(1), 31. https://doi.org/10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38.

Maulana, Y. (2019). Evaluasi Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Jawa Timur Park Group Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(7), 7159–7165.

Rasmila. (2018). Evaluasi Website Dengan Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Palembang. JUSIFO : Jurnal Sistem Informasi, 02(Vol 2 No 1 (2018): JUSIFO), 108–121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.