AKTIVITAS MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI MELALUI WORKSHOP PAINTING BY NUMBER
Abstract
Kondisi COVID-19 memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Kondisi ini memberikan dampak yang buruk bagi dunia pendidikan, khususnya bagi pendidikan anak usia dini (PAUD). Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh
yang membuat para pendidik kesulitan dalam menciptakan suasana kegiatan yang baik, efektif, dan mudah diterima oleh siswa. Namun sayangnya, kondisi COVID-19 membuat anak usia dini cenderung menghabiskan waktunya dengan bermain gadget. Meski penggunaan gadget memberikan dampak positif kepada anak, namun tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan gadget juga memberikan banyak dampak negatif kepada anak, terutama anak usia dini. Hal tersebut tentunya akan memengaruhi kemampuan motorik halus pada anak. Apalagi penelitian sebelumnya juga menjelaskan bahwa perkembangan motorik pada anak usia dini selama masa pandemi tergolong rendah. Tentunya hal tersebut harus segera diatasi oleh orangtua agar tidak menyepelekan pentingnya perkembangan motorik anak usia dini terhadap perkembangan tahap selanjutnya. Oleh sebab itu, tim abdimas Universitas Tarumanagara mengadakan suatu kegiatan yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan tersebut adalah Seminar pada orang tua yang membahas tentang pentingnya meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak, serta Workshop Painting by Numbers yang melatih ketrampilan motorik halus anak. Adapun manfaat dari terselenggaranya kegiatan ini adalah orangtua menjadi lebih paham tentang pentingnya kegiatan motorik pada anak dan para siswa mendapatkan pengalaman baru dalam kegiatan Painting by Numbers. Kegiatan yang melibatkan 25 orangtua dan 29 siswa KB Negeri 30, Duri Kepa ini berjalan dengan lancar dan mendapat
respon positif dari berbagai pihak.
Kata kunci: ketrampilan motorik halus, anak usia dini
Full Text:
PDFReferences
Andi, G. (2017). Ini sebenarnya alasan mengapa orang tua biarkan anaknya main smartphone. https://www.labana.id/view/ini-sebenarnya-alasan-mengapa-orang-tua-biarkan-anaknya -main-smartphone/2017/09/11/?fullview
Ariyanti, E. (2015). Paint by numbers: Melukis bukan lagi soal bakat. https://www.kompasiana.com/eariyanti/55292e1a6ea83448798b4586/paint-by-numbers-melukis-bukan-lagi-soal-bakat
Chusna, P. A., & Utami , A. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11-30. doi:https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84
Fernianti, A. (2022). Analisis tingkat stress orang tua ketika mengasuh anak selama masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). 2276-2286. 10.31004/obsesi.v6i3.1932
Handayani, P., Ahmad, A., & Kurnita, T. Y. (2019). Mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan media serbuk kayu di tk satu atap tanjung selamat kabupaten aceh besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(3), 80-87. https://jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/15258/6832
Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan gadget oleh anak usia dini pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16-28. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Katagiri, M., Ito, H., Murayama, Y., Myogan, M., Nakai, A., & Tsuji, M. (2021). Fine and gross motor skill predict later psychosocial maladaption and academic achievement. Brain & Development, 43(5). https://doi.org/10.1016/j.braindev.2021.01.003
Kurnia, I. (2019). Pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap kemampuan motorik halus anak Kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2). 65-77. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/ article/view/8986/4722
Mahanani, A. F., W. Palupi, & Pudyaningtyas, A. (2022). Identifikasi perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun selama penerapan pembelajaran daring. Jurnal Kumara Cendekia, 10(1), 1-8. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/55388/35147
Mayenti, F., & Sunita, I. (2018). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak usia dini di paud dan tk taruna islam pekanbaru. Jurnal Photon, 9(1), 208-213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2012). Experience Human development (13th edition). NY: McGraw-Hill
Pratiwi, M. R., Mukaromah, & Herdiningsih, W. (2018). Peran pengawasan orang tua pada anak pengguna media sosial. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 22(1). https://doi.org/10/46426/jp2kp.v22i1.73
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kolase media serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Rohayani, F. (2020). Menjawab problematika yang dihadapi anak usia dini di masa pandemi covid-19. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/qawwam/article/view/2310/1253
Sitepu, S. B. R. (2018). Hubungan durasi bermain gadget dengan tingkat kemampuan motorik halus pada anak berusia 4-5 tahun di TK As Salam Kota Malang. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167579/1/Sri%20Breginia%20Relanov%20Sitepu%20%282%29.pdf
Soetjiningsih (2007). Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto
Suhendro, E. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3). 133-140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Sujiono. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zulfikar, F. (2021, Juni Senin). Ini Manfaat dan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. detikedu: https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5614625/ini-manfaat-dan-pentingnya- pendidikan-anak-usia-dini
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sekretariat SENABDIMAS :
Ruang LPPM, Lantai 4, Gedung Jenderal Soedirman, UPN Veteran Jakarta, Indonesia.
Copyright © CC-BY. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.