PENDAMPINGAN PENERAPAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SDIT ATTASYAKUR, DEPOK, JAWA BARAT

Fitria Ayuningtyas, Yul Tito Permadhy, Luqman Hakim, Intan Putri Cahyani, Rudhy Ho Purabaya, Muthia Sakti

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran di SDIT Attasyakur, Depok, Jawa Barat. Kemajuan teknologi telah memposisikan internet sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Oleh karenanya, pendidikan harus menyesuaikan diri dengan perkembangan internet. Pesatnya pertumbuhan internet memaksa proses belajar-mengajar menjadi lebih kreatif, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Sayangnya, beberapa sekolah masih enggan mengubah cara mengajar mereka. Artikel ini menemukan bahwa SDIT Attasyakur, Depok, merupakan salah satu sekolah yang mengalami masalah ini. Cara mengajar yang monoton gagal melibatkan murid dalam proses pembelajaran. Akibatnya, suasana pendidikan yang semarak tidak dapat diperoleh sehingga menyebabkan rendahnya tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengusulkan alternatif dengan memberikan bantuan penerapan TikTok sebagai media pengajaran interaktif. Pendampingan dilakukan selama dua hari, mulai 26 Januari hingga 28 Januari 2022. Pesertanya adalah seluruh murid SDIT Attasyakur kelas 3, 4, dan 5 beserta wali kelasnya. Program ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu persiapan, penyebaran kuesioner, dan pelaksanaan pendampingan. Hasil
kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran dapat mengoptimalkan proses
belajar-mengajar. Murid lebih antusias dan tertarik dengan materi. TikTok juga memungkinkan murid untuk
merasakan metode Student Learning Center (LSC). Selanjutnya, guru dapat lebih aktif mengajak murid untuk
berpartisipasi dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci: TikTok, Media Pembelajaran, Murid, Student Learning Center


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Filza, D. L., Salsabila, A. P., Zulfahmi, M. N., & Budi, E. S. (2022). Penerapan Aplikasi TikTok Education Holistik Integratif di TK Tarbiyatul Athfal Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Jepara. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 83. https://doi.org/10.30659/ijocs.4.1.83-92

Ayuningtyas, F., Cahyani, I. P., & Purabaya, R. H. (2022). Edukasi Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran di SDIT Attasyakur. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 25. https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i1.2326

Ayuningtyas, F., Permadhy, Y. T., & Riyantini, R. (2022). Pendampingan “ Cerdas dalam Penggunaan Gadget ” Bagi Anak- Anak. CHARITY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 05(01), 90–99.

Damar, A. M. (2021). Upaya TikTok Edukasi Pengguna Bagikan Konten Positif. https://www.liputan6.com/tekno/read/3877620/upaya-tik-tok-edukasi-pengguna-bagikan-konten-positif

Hasanah, W. U., & Karnawati, R. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Poster Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 113 Jakarta. Kiryoku, 6(1), 42–51. https://doi.org/10.14710/kiryoku.v6i1.42-51

Kelana, I. (2021). Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Edukasi. https://www.republika.co.id/berita/r1evyt374/pemanfaatan-tiktok-sebagai-media-edukasi

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).

Syafri, E. P. E., & Kulsum, U. (2021). TikTok; Media Pembelajaran Alternatif dan Atraktif pada Pelajaran PPKn Selama Pandemi di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, 5(1), 110–115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat SENABDIMAS :

Ruang LPPM, Lantai 4, Gedung Jenderal Soedirman, UPN Veteran Jakarta, Indonesia.

Copyright © CC-BY. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.