PENDAMPINGAN PENERAPAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SDIT ATTASYAKUR, DEPOK, JAWA BARAT
Abstract
kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran dapat mengoptimalkan proses
belajar-mengajar. Murid lebih antusias dan tertarik dengan materi. TikTok juga memungkinkan murid untuk
merasakan metode Student Learning Center (LSC). Selanjutnya, guru dapat lebih aktif mengajak murid untuk
berpartisipasi dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci: TikTok, Media Pembelajaran, Murid, Student Learning Center
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Filza, D. L., Salsabila, A. P., Zulfahmi, M. N., & Budi, E. S. (2022). Penerapan Aplikasi TikTok Education Holistik Integratif di TK Tarbiyatul Athfal Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Jepara. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 83. https://doi.org/10.30659/ijocs.4.1.83-92
Ayuningtyas, F., Cahyani, I. P., & Purabaya, R. H. (2022). Edukasi Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran di SDIT Attasyakur. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 25. https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i1.2326
Ayuningtyas, F., Permadhy, Y. T., & Riyantini, R. (2022). Pendampingan “ Cerdas dalam Penggunaan Gadget ” Bagi Anak- Anak. CHARITY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 05(01), 90–99.
Damar, A. M. (2021). Upaya TikTok Edukasi Pengguna Bagikan Konten Positif. https://www.liputan6.com/tekno/read/3877620/upaya-tik-tok-edukasi-pengguna-bagikan-konten-positif
Hasanah, W. U., & Karnawati, R. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Poster Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 113 Jakarta. Kiryoku, 6(1), 42–51. https://doi.org/10.14710/kiryoku.v6i1.42-51
Kelana, I. (2021). Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Edukasi. https://www.republika.co.id/berita/r1evyt374/pemanfaatan-tiktok-sebagai-media-edukasi
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).
Syafri, E. P. E., & Kulsum, U. (2021). TikTok; Media Pembelajaran Alternatif dan Atraktif pada Pelajaran PPKn Selama Pandemi di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, 5(1), 110–115.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sekretariat SENABDIMAS :
Ruang LPPM, Lantai 4, Gedung Jenderal Soedirman, UPN Veteran Jakarta, Indonesia.
Copyright © CC-BY. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.