Pelatihan Internet Sehat dan Desain Grafis untuk Meningkatkan Literasi Digital di Pondok Pesantren Kota Serang

Noor Falih, Sarika Sarika, Bayu Hananto

Sari


Pondok Pesantren di kota serang khususnya ponpes Al-Dzikri sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) memiliki murid-murid yang masih awam mengenai dunia computer (Desain Grafis) dan pengetahuan internet sehat mengenai hoaks dan keamanan penggunaan teknologi digital dikarenakan kurikulum pembelajaran di madrasah khusunya pondok pesantren lebih menekankan pada ilmu agama. Penting untuk memperkenalkan dunia komputer (Desain Grafis) dan internet sejak dini ke mereka agar mereka dapat menggali ilmu pendidikan melalui dunia internet dan memanfaatkannya untuk pendidikan mereka selama disana. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan di lingkungan Pondok Pesantren Al-Dzikri Kota Serang bertujuan untuk memperkenalkan dunia komputer khususnya pengetahuan internet sehat mengenai hoaks dan keamanan penggunaan teknologi digital, selain itu para santri juga dilatih keterampilan berupa penggunaan canvas untuk desain grafis. kemudian dilakukan evaluasi kepada para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini untuk melihat peningkatan kepahaman santri.


Kata Kunci


Komputer, hoaks, canvas, ponpes.

Referensi


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (2017). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Retrieved Febuary 11, 2020 from https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf

Astuti, S., Putri, I., & Ali, D. (2016). Strategi Komunikasi Program Internet Sehat Dan Aman Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (Studi Kasus Evaluasi Program Incakap Tahun 2015. Jurnal Komunikasi Untar, 8(1), 25–35.

Akmaludin., Handayani, P., & Septiana, L. (2019). Pelatihan internet pembuatan blog bagi guru-guru HIMAPAUDI Kecamatan Kemayoran, Jakarta.Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat,4(2), 111-118

Bariyyah, K., & Permatasari, D. (2017). Pelatihan Pemanfaatan Media Online dalam Layanan Bimbingan Konseling bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pamekasan Madura. JURNAL DEDICATION : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 63–69.

Emzir. (2008).Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif.Jakarta:Rajawali Pers

Falih, N., Indarso, A. O., Astriratma, R., & Mega, M. (2019). PEMBELAJARAN DASAR KOMPUTER DAN INTERNET SEHAT. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, 43–48.

Gunawan., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2019). Pelatihanpemanfaatan teknologi informasi bagi guru IPA Fisika di Lombok Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 120-127.

Kumari, S., & Mallaiah, T. Y. (2017). Digital Information Literacy Skills Among Faculty Members of Engineering Colleges in Manalore, Karnataka: a Study. International Journal of Digital Library Services IJODLS | Geetanjali Research Publication, 7(1), 28-37.

Purnomo, W. (2008). Pembelajaran berbasis ICT. In Workshop Pembelajaran Berbasis ICT.Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan, Makassar 11-14 Agustus 2008(pp. 1-8).

Said, H. (2015). Penggunaan internet sebagai media pembelajaran pada mahasiswa IAIN Palu. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 95-119.

Subekti, A. S., & Kurniawati, L. A. (2020). Pelatihan Mendesain Pembelajaran Daring Menarik Selama Pandemi Covid-19 dengan Teknologi Pembelajaran Sederhana. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 588–595. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4679


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##