Pelatihan Pengelolaan Administrasi Dalam Pengembangan Keterampilan Aparat Dan Masyarakat Desa Sungai Pinang Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin Sumatra Selatan Berbasis Ict

Ermatita Ermatita, Ali Ibrahim1, Hardini Novianti, Putri Eka Sevtiyuni, Yadi Utama

Sari


Desa binaan merupakan salah satu bentuk nyata pembangunan di bidang pemberdayaan masyarakat. Landasan filosofi desa binaan sendiri adalah memberikan ruang sekaligus menciptakan peluang bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat, dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Usaha pemberdayaan masyarakat seperti ini memang tidak hanya terpaku dalam kerangka paradigma pembangunan ekonomi semata, tapi juga bisa dikembangkan dibidang sains. Sumber daya alam di Desa Sungai Pinang Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin Sumatra Selatan sangat produktif sekali untuk di publikasikan secara umum. Seperti hasil produk masyarakat, pertanian dan perkebuanan. Dari hasil pelatihan yang dilaksanakan, terlihat sangat tinggi antusia peserta dalam mengikuti pelatihan. Selain itu keinginan peserta untuk kegiatan pelatihan tahun 2021. Karena banyak potensi desa yang harus di berikan publikasikan secara ICT. Oleh sebab itu besar sekali harapan mereka untuk di adakan lagi pelatihan dengan materi yang berbeda.


Kata Kunci


Desa binaan, pelatihan, pengelolaan administrasi, aparat, dan masyarakat desa

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Djamarah, S.B. 1995. Prestasi Belajar dan Kompetensi Pengajar. Surabaya : Usaha Nasional

Gardner, Susannah., Birley, Shane., 2008, “Blogging For Dummies 2nd Edition”, John Wiley & Sons, New York.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Malang

Pujadi, T. 2008. Blog Dan Rss Sebagai Sarana Kolaborasi Untuk Meningkatkan Pemerataan Akses Belajar. Makalah disampaikan pada International Conference ICT Education UNY Yogyakarta

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2002. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sadiman, Arif S, et. Al. 2002. Media Pemdidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Surya, M. (2006). Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kelas. Makalah dalam Seminar Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan Jarak Jauh dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran. Diselenggarakan oleh Pustekkom Depdiknas, tanggal 12 Desember 2006 di Jakarta.

Hamali, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Sujana, Nana dan Rivai, Ahmad. 1997. Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##