Pelatihan Pemrograman Arduino Kepada Siswa SMK di Indralaya Untuk Menambah Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Bidang Sistem Elektronika Digital

Rendyansyah Rendyansyah, Rossi Passarella, Sri Desy Siswanti, Aditya Putra P. Prasetyo

Sari


Perkembangan teknologi yang maju menjadikan manusia mudah dalam berkativitas. Salah satu contoh teknologi tersebut adalah system embedded yang dapat mengendalikan perangkat elektronik berbasis pemrograman. Dalam pembelajaran elektronik dan pemrograman perlu dikenalkan dan diajarkan kepada Siswa di SMA/SMK sebagai tingkat dasar untuk memulai membuat sistem sederhana. Pembekalan dan pembelajaran ilmu elektronika dan pemrograman di tingkat SMA/SMK bertujuan untuk mendorong minat dan keterampilan siswa ketika diterima bekerja di Industri bahkan melanjutkan kuliah jurusan Teknik. Kegiatan yang dilakukan di dalam pengabdian ini yaitu Pertama; tim akan merancang/ membuat prototype miniature supaya siswa dapat mengerti secara ilustrasi. Kedua; tim akan memberikan materi pengenalan tentang Arduino, dan Pemrograman Android dengan aplikasi AppInventor. Ketiga; tim akan memberikan pelatihan cara membuat dan mengajarkan logika program menggunakan mikro Arduino dan Android. Kegiatan pelatihan tersebut dilakukan secara online dikarenakan kondisi pandemi Covid-19. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa aktif dalam belajar, mencoba dan bertanya kepada instruktur dalam mengoperasikan dan memprogram alat.  Adapun motivasi dilakukan kegiatan pengabdian ini untuk mempersiapkan generasi penerus khususnya siswa SMA/SMK dalam upaya menghadapi era Digital dan Revolusi Industri 4.0.

Kata Kunci


Arduino, Elektronika, Pemrograman, Pengabdian masyarakat.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


N. Safaat, (2012), “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”, Informatika, Bandung.

S.J. Sokop, D.J. Mamahit, dan S.R.U.A. Sompie, (2016), “Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno”, Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 5, no. 3.

R.F.H. Putra, K.M. Lhaksamana, dan D. Adytia, (2018), “Aplikasi IOT untuk Rumah Pintar Dengan Fitur Prediksi Cuaca”, E-Proceeding of Engineering, vol. 5, no. 1.

M. Saleh dan M. Haryanti, (2017), "Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Relay", Jurnal Teknologi Elektro, vol. 8, no. 3.

D. E. Suprapto, D. Lestari, dan Aripraharta, (2019), "Monitoring Temperatur Trafo Distribusi 220v Dengan Arduino Berbasis IOT", Jurnal Inovtek PolBeng, vol. 9, no. 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##