Peningkatan Literasi Berwirausaha dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi di LPKA Kelas II Jakarta

Noor Falih, Sarika Afrizal, Lukman Saleh Waluyo, Artambo Benjamin Pangaribuan

Sari


Lembaga permasyarakatan (Lapas) merupakan lembaga yang membina para terhukum agar kembali menjadi warga negara yang mematuhi nilai dan norma hukum dalam masyarakat. Para terhukum yang dibina di Lembaga Permasyarakatan datang dari berbagai kalangan baik tua maupun muda. Terkhusus untuk anak-anak terdapat Lembaga Permasyarakatan yang membina anak-anak yang terjerat hukum yang dikenal dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan penulis berupa Motivasi bekerja dan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk berwirausaha bagi anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta. Mitra Program ini adalah LPKA Kelas II Jakarta. Kegiatan yang dilakukan oleh tim berupa pelatihan dan pendampingan dilaksanakan selama 8 bulan, dengan metode pelaksanaan terdiri dari 5 tahap, yakni: persiapan, pembinaan, pendampingan, pelatihan dan evaluasi kegiatan. Harapanya setelah mengikuti kegiatan ini, terdapat  peningkatan daya saing, rasa percaya diri, kemandirian, semangat kewirausahaan dan kemampuan penerapan Ilmu Pengetahuan dan teknologi untuk berwirausaha. Hasilnya rataan pengetahuan anak didik dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk berwirausaha setelah dillaksanakannya penyuluhan mengalami kenaikan yang sangat signifikan


Kata Kunci


Komputer, hoaks, canvas, ponpes.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Atikasuri, M., Mediani, H. S., & Fitria, N. (2018). Tingkat Kecemasan pada Andikpas Usia14-18 Tahun Menjelang Bebas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II. Journal of Nursing Care, 1(1), 78.

Cahyaningtyas, I. (2015). Pembinaan Anak Pidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Perspektif Restorative Justice. Notarius, 8(2), 342-353.

Data LPKA. 2016. Jumlah Anak Didik LPKA Beserta Jenis Kejahatan Tahun 2016.

Falih, N., Indarso, A. O., Astriratma, R., & Mega, M. (2019). PEMBELAJARAN DASAR KOMPUTER DAN INTERNET SEHAT. 43–48.

Marti’ah, S., 2017. Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dalam Perspektif Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edutic, 3(2), 75–82.

Mopangga, H., 2015. Studi Kasus Pengembangan Wirausaha Berbasis Teknologi (Technopreneurship) di Provinsi Gorontalo. Trikonomika, [daring] 14(1), hal.13–24. Tersedia pada: http://www.journal.unpas.ac.id/index.p hp/trikonomika/article/view/587.

Purwanto, N., & Rofiah, C. (2017). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Di Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Comvice: Journal Of Community Service, 1(1), 29-32.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##