EVALUASI INOVASI “EPANTAS KUKAR” DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN ANAK USIA SEKOLAH MELALUI KOMUNIKASI DAN PROMOSI KESEHATAN

Ika Harni Lestyoningsih, Martina Yulianti, Leni Astuti, Meidiantati Meidiantati

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak pada pelayanan kesehatan termasuk kegiatan penjaringan kesehatan anak usia sekolah. Kondisi Pembatasan pembelajaran tatap muka beralih ke pembelajaran online menuntut petugas kesehatan membuat inovasi agar pelayanan kesehatan anak usia sekolah tetap dapat dilakukan. Pelayanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berupa aplikasi ePantas, merupakan salah satu solusi. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari petugas UKS Puskesmas dan guru pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan inovasi aplikasi “ePantas Kukar” dalam meningkatkan upaya kesehatan anak usia sekolah dalam pencapaian Standar Pelayanan Minimal penjaringan anak usia sekolah di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jumlah informan pada penelitian ini berjumlah 6 orang petugas UKS Puskesmas dan 3 orang guru pendamping melalui teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui pentingnya komunikasi dan promosi kesehatan antara Puskesmas dan pihak sekolah terkait pelaksanaan penerapan aplikasi ePantas secara online dan offline. Namun terdapat beberapa keterbatasan penerapan aplikasi “ePAntas Kukar” seperti kendala koneksi internet dan pelayanan kesehatan tidak semua dapat dilakukan melalui aplikasi Google Form. Kesimpulanya adalah aplikasi ePantas sangat membantu petugas UKS dan guru dalam pelaksanaan penjaringan kesehatan anak usia sekolah, terlebih di masa pandemi Covid-19. Hal ini memerlukan sinergi dari berbagai lintas sektor untuk mewujudkan pelayanan kesehatan anak sekolah yang berkualitas.

The Covid-19 pandemic has had an impact on health services, including health screening activities for school-age children. Conditions Limiting face-to-face learning to online learning requires health workers to make innovations so that health services for school-age children can still be carried out. Health services through the use of information and communication technology in the form of the ePantas application, is one solution. This research method is a qualitative descriptive research. The research subjects consisted of Puskesmas UKS officers and accompanying teachers. This study aims to evaluate the use of the "ePantas Kukar" application innovation in improving the health efforts of school-age children in achieving the Minimum Service Standards for screening school-age children in Kutai Kartanegara Regency. The number of informants in this study amounted to 6 Puskesmas UKS officers and 3 accompanying teachers through interview techniques. Based on the results of this study, it is known the importance of communication and health promotion between the Puskesmas and the school regarding the implementation of the online and offline ePantas application. However, there are some limitations to the application of the "ePantas Kukar" application, such as internet connection problems and health services, not all of which can be done through the Google Form application. The conclusion is that the ePantas application is very helpful for UKS officers and teachers in the implementation of health screening for school-age children, especially during the Covid-19 pandemic. This requires synergy from various cross-sectors to realize quality school children's health services.


Full Text:

PDF

References


I. Masturoh, H. D. Maulana, and D. L. Suryani, “Implementasi Sistem Informasi Kesehatan Anak Sekolah Di Wilayah Kota Tasikmalaya Tahun 2018,” Edukasi Masy. Sehat Sejah. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 164–167, 2019, doi: 10.37160/emass.v1i2.344.

R. Widyaningrum, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Program Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SLB C Bantul,” J. Kesehat. Madani Med., vol. 7, no. 1, pp. 20–26, 2016.

Y. Yuseran, I. Paramastri, and M. A. Priyanto, “Motivasi Pelaksanaan Promosi Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar Kota Yogyakarta,” J. Publ. Kesehat. Masy. Indones., vol. 5, no. 1, p. 6, 2018, doi: 10.20527/jpkmi.v5i1.4997.

G. N. Takain and A. Iriani, “Evaluasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Menengah Pertama,” Mimb. Ilmu, vol. 27, no. 1, pp. 162–172, 2022, doi: 10.23887/mi.v27i1.43420.

Tim Penyusun Direktorat Sekolah Dasar, “Penerapan Trias UKS dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi,” pp. 1–28, 2021.

S. Natalia and S. Anggraeni, “Skrining Kesehatan Anak Sekolah sebagai upaya deteksi Kesehatan sejak dini,” J. Community Engagem. Heal., vol. 5, no. 1, pp. 47–50, 2022, doi: 10.30994/jceh.v5i1.340.

D. Novia, Misnaniarti, R. Flora, and R. Tanjung, “Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pada Sekolah Dasar di Kabupaten Musi Rawas Analysis of The Impact of Covid-19 Pandemic Toward The Implementation of School Health Programs in Primary Schools in Musi Rawas Regency,” J. Community Health, vol. 7, pp. 241–247, 2021.

N. Nina and R. Supriyatna, “Determinan Efektivitas Program Kader Kesehatan Remaja di SMAN 01 Dramaga Bogor,” J. Ilmu Kesehat. Masy., vol. 10, no. 02, pp. 123–132, 2021, doi: 10.33221/jikm.v10i02.948.

S. D. Sembada, H. Pratomo, I. Fauziah, S. A. Amani, Q. Nazhofah, and R. Kurniawati, “Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Edukasi Kesehatan pada Remaja : Tinjauan Literatur,” PREPOTIF J. Kesehat. Masy., vol. 6, no. April, pp. 564–574, 2022, [Online]. Available: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/3110

Kementerian Kesehatan RI, “Indikator Program Kesehatan Masyarakat dalam RPJMN dan Rentra Kementerian Kesehatan 2020-2024,” Katalog Dalam Terbitan. Kementeri. Kesehat. RI, pp. 1–99, 2020, [Online]. Available: https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/attachments/ef5bb48f4aaae60ebb724caf1c534a24.pdf

A. W. N. P. Suwarjo and Afiliasi:, “‘Kartini’ (Kartu Sakti Animasi Gigi): Inovasi Usaha Kesehatan Gigi Sekolah Masa Pandemi,” Dent. Care Treat. Dur. Covid, vol. 2, no. 1, pp. 1–18, 2021.

R. Setyowahyudi, M. Fadlillah, I. Y. Rahmawati, and U. Suhendar, “Pengaruh Permainan Ultaco terhadap Kemampuan Mengenal Protokol Kesehatan COVID-19 Anak RA,” ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, vol. 9, no. 2, p. 251, 2021, doi: 10.21043/thufula.v9i2.11190.

R. Hayati Ifroh, “Pemanfaatan Aplikasi Virtual Meeting dan Permainan Digital pada Webinar Edukasi PHBS Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19,” Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 41–49, 2021, [Online]. Available: http://e-journals2.unmul.ac.id/index.php/abdimasfkm/index

V. K. Khotimah, E. Wibisana, and S. Azhar, “Penerapan Program Unit Kesehatan Sekolah ( UKS ) Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di SD Negeri Poris Pelawad 06,” J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, pp. 485–495, 2021.

M. P. Sodani, “Inovasi Pelayanan Elektronik Sistem Kesehatan Lamongan (E-SIKLA) dalam Meningkatkan Layanan Kesehatan di Puskesmas Kedungpring Kabupaten Lamongan,” Publika, vol. 8, no. 4, pp. 1–11, 2020.

M. Simanjuntak, L. N. Yuliati, R. Rizkillah, A. Maulidina, I. Keluarga, and F. E. Manusia, “Pengaruh Inovasi Edukasi Gizi Masyarakat Berbasis Social Media Marketing Terhadap Pengetahuan , Sikap , Dan Perilaku Dalam The Effect of Community Nutrition Education Innovation Based on Social Media Marketing on Knowledge , Attitude , and Behavior to Pre,” vol. 15, no. 2, pp. 164–177, 2022.

D. F. Eprilianto, Y. E. K. Sari, and B. Saputra, “Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital,” JPSI (Journal Public Sect. Innov., vol. 4, no. 1, p. 30, 2019, doi: 10.26740/jpsi.v4n1.p30-37.

R. I. Wiguna et al., “Pemberdayaan Siswa Melalui Penerapan Program Health Promotion Model Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 4, pp. 879–886, 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i4.7176.

Ervina, T. Tahli, and Mulyadi, “Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Puskesmas,” J. Ilmu Keperawatan, vol. 6, no. 2, pp. 11–21, 2019.

M. District, “Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Through Online Health Education in Sutorejo , Mulyorejo District,” vol. 5, no. 4, 2021.

F. Rozi, Z. Ahmad, and Masykuroh, “Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, vol. 10, no. 1, pp. 59–68, 2021, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/39788

P. R. Ujianti, N. Suastika, and P. S. D. Dewi, “Tantangan Praktek Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 3, p. 318, 2021, doi: 10.23887/paud.v9i3.41841.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.