Analisa Sentimen Review Restoran di Situs Microblog Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine

Moehammad Aldin, . Dr. Ermatita, M.Kom.

Abstract


Perkembangan situs microblog saat ini sangatlah pesat, dari yang sebelumnya hanya menjadi sarana berbagi kata antar pengguna, sekarang sudah menjadi sebuah keharusan di bidang bisnis sebagai sarana periklanan. Salah satunya adalah restoran, saat ini hampir seluruh restoran menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran dan juga untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Sehingga pelanggan juga bebas menulis sebuah komentar yang ditujukan sebagai kritik maupun saran terhadap restoran tersebut atau biasa disebut dengan review atau ulasan. Pada aplikasi ini tweet diklasifikasikan menjadi dua nilai kelas yang mana kelas itu adalah kelas bernilai positif atau negatif. Algoritma dalam penelitian ini adalah Support Vector Machine (SVM), algoritma ini digunakan untuk proses klasifikasi sentiment pada tweet. Data didapat dengan menggunakan API (Application Programming Interface ) yang disediakan oleh pihak Twitter. Sehingga didapatkan 414 tweet sebagai data latih. Algoritma Support Vector Machine (SVM) mendapatkan hasil pengujian dengan akurasi 82,92% dengan nilai precision sebesar 82,92% dan nilai recall 83%. Sehingga menunjukan bahwa algoritma Support Vector Machine bisa digunakan dalam melakukan klasifikasi terhadap sentimen positif dan negatif terhadap review restoran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.