ANALISIS PENERAPAN SISTEM CRM DALAM MENINGKATKAN PENGOLAHAN DATA INTERNAL PADA PERUSAHAAN CONVERSE

Femas Aditias Herlambang, Dhimas Satrio Wicaksono, Muhammad Catur Wahyu Nugroho, Zafira Kartika, Anita Muliawati, Tri Rahayu

Abstract


Penelitian ini berisi analisis penerapan sistem Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan pengolahan data internal perusahaan Converse. Converse merupakan salah satu merek alas kaki yang sangat ikonik dan dikenal secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manfaat utama yang diperoleh Converse dari penggunaan CRM dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan melalui pengolahan data internal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif melalui survei online. Penelitian ini melibatkan analisis terhadap struktur organisasi, kebijakan perusahaan, dan lingkup produk Converse. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem CRM pada Perusahaan Converse memberikan manfaat berupa pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan, personalisasi komunikasi, serta manajemen layanan pelanggan yang efisien.

Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM), Pengolahan Data, Converse


Full Text:

PDF

References


Asiseh, F., Kertahadi, & Riyadi. (2013). Penerapan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan (Studi Pada Pt Pln (Persero) Unit Pelayanan Dan Jaringan (Upj Dinoyo), 1(2), 220-230.

Carissa, O. A., Fauzi, A., & Kumadji, S. (2014). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bandung Sport Distro Malang), 15(1), 1-11.

Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN). Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(2), 516–529.

Gautama, I., & Sheila. (2011). Analisis Perancangan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web pada PT.ASP Jakarta, 2(1), 100-114.

Kholil, I. (2017). Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web untuk meningkatkan daya saing Toko Online, 13(1), 43-48.

Munandar, I., & Sari, T. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada CV Mars Global Group. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN), 2(1), 15–26.

Rosmayani. (2016). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT. Jurnal Valuta, 2(1), 83–98.

Shafar Bastio, B., & Jamiat, N. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU CONVERSE PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG. e-Proceeding of Management, 7(2), 6241.

Sitohang, N. (2019). PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN (STUDI KASUS LAVAZ KOPI KISARAN), 2(1), 224-234.

Soraya, E., & Sazali, H. (2023). Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Di Perpustakaan Daerah Medan. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 11(1), 23–33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.