RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG BERBASIS WEB PADA TOKO ELEKTRONIK ABC MENGGUNAKAN UML

Zatin Niqotaini, Aura Syaakirah, Ajeng Pratiwi, Ainun Fashia Aksan, Berliana Dwi Safitri, Agmisyaniah Agmisyaniah, Defita Rahmawati

Abstract


Laju perkembangan teknologi yang pesat telah memengaruhi sistem informasi dan bisnis, termasuk Toko ABC, yang masih mengandalkan metode manual dalam mengelola persediaan barang. Hal ini berpotensi mengakibatkan ketidakakuratan data, kerugian waktu, dan penurunan produktivitas. Dengan tujuan membangun sistem informasi persediaan barang berbasis web, penelitian ini memanfaatkan Unified Modeling Language (UML), dan metode waterfall sebagai metode pengembangan. Hasil penelitian ini ditujukan guna perancangan sistem yang lebih efisien dalam manajemen persediaan Toko ABC. Metode penelitian mencakup pengumpulan data, serta pengembangan sistem mengikuti metode Systems Development Life Cycle (SDLC) melalui metode waterfall. Hasil penelitian mencakup analisis sistem berjalan dan kebutuhan sistem, dan beberapa diagram, yakni use case, activity, sequence, dan class, serta implementasi antarmuka pengguna sistem persediaan barang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perubahan sistem persediaan barang menjadi sangat penting, dan penggunaan UML dan metode waterfall dapat menjadi dasar untuk pengembangan sistem yang lebih efisien dalam manajemen persediaan Toko ABC, dengan tujuan meningkatkan efisiensi, akurasi, dan produktivitas secara keseluruhan.


Full Text:

PDF

References


Akbar, I., Niqotaini, Z. and Fauzi, A.R., 2023. Analisis Dan Perancangan Sistem Penjualan Pada Toko XYZ Berbasis Web Dan Mobile Menggunakan UML. NUANSA INFORMATIKA, 17(2), pp.71-82.

Aji, S. and Pratmanto, D., 2021. Sistem Informasi Inventory Barang Menggunakan Metode Waterfall. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 7(1), pp.93-99.

Aulia, V., Adriyani, M., Wahyuda, M., Langi, G. and Ria, S., 2021. Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) pada Perancangan Sistem Informasi Laporan Persediaan Barang. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(2), pp.91-98.

Fitriani, D. and Hwihanus, H., 2023. PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP PERKEMBANGAN E-COMMERCE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BAGI USAHA UMKM. Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(1), pp.64-77.

Hikmawati, E., 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Apartment Jatinangor City Park. NUANSA INFORMATIKA, 13(1).

Kadir, A. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Manalu, I.M. and Akmaludin, A., 2019. Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Gudang Consumable Pada Pt. Umbul Rejeki Cikarang. INTI Nusa Mandiri, 13(2), pp.21-26.

Mufida, E., Rahmawati, E. and Hertiana, H., 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Pada Salonkecantikan. Jurnal Mantik Penusa, 3(3).

Niqotaini, Z., 2019. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENGADAAN BARANG DI PT INDONESIA POWER SUB UNIT PLTA CIKALONG UBP SAGULING. SisInfo–Jurnal Sistem Informasi dan Informatika, 1(02), pp.20-26.

Religia, Y. and Heriyanto, H., 2019. Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Waterfall Pada PT. Musashi Auto Parts Indonesia. Jurnal SIGMA, 10(4), pp.92-97.

Sanubari, T., Prianto, C. and Riza, N., 2020. Odol (one desa one product unggulan online) penerapan metode Naive Bayes pada pengembangan aplikasi e-commerce menggunakan Codeigniter. (Vol. 1). Kreatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.