ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN SOTO BANJAR “NYAMAN” ANTASARI

Abdu Hafizh Nurfalah, Rizal Alief Fairuzzaki, Patricia Nessa Mae, Andhara Carol Saragih, Urzaiz Khairi Firdaus, Kraugusteeliana Kraugusteeliana

Abstract


Dalam konteks bisnis rumah makan, kebutuhan akan sistem yang terintegrasi dan terkomputerisasi sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi operasional. Studi ini mengidentifikasi permasalahan seperti penanganan pemesanan yang lambat, hambatan dalam memantau stok bahan baku secara efektif, dan kendala dalam pendataan keuangan perusahaan. Metode waterfall digunakan dalam penelitian ini, meliputi tahap studi pustaka, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, analisis sistem menggunakan metode PIECES, serta perancangan dan pengujian sistem. Solusi yang diusulkan adalah pengembangan aplikasi sistem informasi yang terintegrasi, mulai dari proses pemesanan, manajemen pasokan, hingga analisis data penjualan. Implementasi sistem ini memungkinkan pemilik perusahaan mengelola penjualan dan keuangan dengan lebih efisien, memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan meningkatkan produktivitas operasional perusahaan rumah makan.


Full Text:

PDF

References


Nurda, A. P., Purba, P. S. (2022). Perancangan Sistem Informasi Reservasi & Makanan pada Restoran Moji Grill & Suki Berbasis Web Menggunakan Metode Pengembangan Scrum. JUPTI (Jurnal Publikasi Teknik Informatika), 1(3), 42-60.

Anjarwati, P. M. (2018). Sistem Informasi Pemesanan Makanan pada Rumah Makan Berbasis Web. (Skripsi Sarjana, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Azzaky, G. H., Chumaidiyah, E., & Tripiawan, W. (2016). Perencanaan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Sistem Persediaan Dan Sistem Pemesanan Produk Jadi Konveksi Seragam Pada Pd.Devi Khusus. Jurnal E-Proceeding of Engineering, 3(2), 2788-2793.

Bayu Kurniawan, T., & Syarifuddin. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Cafetaria No Caffe di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL. Jurnal TIKAR (Teknik Informatika Karimun), 1(2), 192-206.

Fajri, M. A., & Sari, S. P. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan pada Restoran Menggunakan Metode Waterfall dan Analisis PIECES. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 7(2), 187-198.

Hadi, S., & Hasanah, L. (2018). Perancangan sistem informasi akademik menggunakan model waterfall. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 97-108.

Hasanudin, M. (2018). Rancang Dan Bangun Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Web ( Studi Kasus PT . Nusantara Sejahtera Raya ). Jurnal IKRAITH Informatika, 2(3), 24-37.

Meisak, D. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kasir Pada Restoran The Tempoa Jelutung Jambi. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 15(1), 28–39.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Informatika Bandung, Bandung.

Nasri, J., Hiswara, I., & Kosasih, R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Analisa PIECES. JRIS: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 2(1), 25-31.

Rachmadhoni, A., & Tantowi, A. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Restoran Menggunakan Metode PIECES dan Waterfall. Jurnal Sistem Informasi, 11(1), 35-40.

Saputra, R. E., Sujaini, H., & Muhardi, H. (2022). Analisis Sistem Informasi Monitoring Bahan Baku pada Restoran menggunakan Metode PIECES. JUARA (Jurnal Aplikasi dan Riset Informatika), 1(1), 92-100.

Sari, E. K., & Anoraga, P. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Penerbit Informatika.

Yanto, H. (2022). Sistem Informasi Administrasi Café & Resto Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 116-121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.