ANALISIS PERANCANGAN SISTEM KANTIN ONLINE UNIVERSITAS XYZ

Shahnaz Gladys Sayidina Az Zahwa, Fatia Khairani, Rafika Anandar, Nurul Ainil Fitri, Herlina Jayadianti, Kraugusteeliana Kraugusteeliana

Abstract


Kantin merupakan salah satu fasilitas di lingkungan kampus yang dapat memberikan kenyamanan bagi mahasiswa, staf, dan karyawan serta berperan sebagai sumber pendapatan utama bagi Universitas XYZ dan juga para pedagang berjualan di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi kantin online untuk memfasilitasi pemesanan makanan dan minuman di Universitas XYZ. Sistem ini mencakup tahap pemilihan menu, konfirmasi pemesanan, pembayaran, dan pengambilan pesanan. Metode yang digunakan adalah metode waterfall, yang mencakup perencanaan, analisis, desain, dan implementasi. Metode tersebut dipilih karena memiliki langkah-langkah terstruktur sehingga sistem ini dapat berfungsi sebagai platform pemesanan online yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa harus berkunjung fisik ke kantin. Selain itu juga dalam menganalisis permasalahan, peneliti menggunakan metode PIECES. Hasil dari penelitian ini berupa beberapa diagram UML seperti, use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram serta terdapat perancangan antarmuka yang bertujuan untuk perancangan sistem informasi kantin online. Hasil penelitian ini diharapkan akan mengoptimalkan kontribusi kantin sebagai aset kampus yang berharga, meningkatkan efisiensi dalam proses pemesanan makanan, serta memberikan fleksibilitas bagi pengguna dalam menikmati layanan kantin. Sistem ini mendukung kebutuhan mahasiswa, staf, karyawan, dan pedagang kampus serta memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan kampus dan inisiatif akademik dan non-akademik.

Full Text:

PDF

References


Dari, T. W. (2022). Pembuatan E-Menu (Electric Menu) Pada Kantin Kio Berbasis Web. Dalam Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, Bandung, 13-14 Juli 2022. Program Studi Informatika, Universitas Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

Dennis, A., Wixom, B. H., & Tegarden, D. (2015). Systems Analysis & Design An ObjectOriented Approach with UML (5th Editio). Unitetd States of America: Wiley

Gata, Windu dan Grace Gata. (2013). Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Deepublish.

M. Shalahhudin dan Rosa. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung : Informatika.

Nalariza, A., & Sugiarso, T. (2016). Perancangan dan Implementasi "Kantin Online" Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi, 2(3), 124. ISSN: 1693-3672.

Nazaruddin, A., Krisnanik, E., Rupilele, F. G. J., Muliawati, A., Syamsiyah, N., Kraugusteeliana, K., Cahyono, B. D., Sriyeni, Y., Kristanto, T., Irwanto, I., & Guntoro, G. (2022). Analisa & Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. Penerbit Widina.

Pradana, K. A., & Krisnanik, E. (2020). Sistem Informasi E-Kantin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta dengan Menggunakan Framework HTML5. Dalam Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA).

Revaldy, V., Putra, W. H. N., & Hanggara, B. T. (2020). Pengembangan Aplikasi E-Canteen Dengan Pembayaran Non-Tunai Berbasis Android Untuk Siswa (Studi Kasus: SMA Negeri 5 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(6), 1924-1932. e-ISSN: 2548-964X. Dapat diakses melalui http://j-ptiik.ub.ac.id

Y. Djahir and D.Pratita. (2015). Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.