Perbandingan Implementasi Algoritma CT-PRO dan Algoritma C45 Untuk Menentukan Pola Nasabah

Ade Sukma Wati, Pipin Octavia, Azhar Andika Putra, Mariana Purba, M Bayu Wibisono

Abstract


Bank merupakan salah satu instansi pemerintah atau perusahaan untuk mengelola keuangan. Sebagai upaya untuk memberikan kinerja yang baik kepada nasabah diperlukan tata kerja yang tertib, rapi dan teliti sehingga akan menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan tepat waktu sesuai kebutuhan. Dalam instansi bank banyak data yang setiap tahunnya bertambah. Salah satunya yaitu data nasabah baru. Akan tetapi dengan sekian banyaknya data nasabah baru maka semakin sulit juga data pola nasabah baru tersebut dipelajari lebih lanjut dan umumnya hanya digunakan sebagai arsip saja. Pada penelitian ini, telah diterapkan metode Algoritma CT-PRO serta ALgoritma c45 suatu studi kasus, yaitu kasus menentukan “Pola Nasabah”. menentukan pola nasabah dari ratusan atau ribuan field. Dari hasil implementasi yang dilakukan, ada sebuah aplikasi yang dapat menerapkan algoritma CT-PRO dan algoritma C45 pada kasus tersebut. 


Full Text:

PDF

References


Anam, C., & Santoso, H. B. Perbandingan Kinerja Algoritma C4.5 dan Naive Bayes Untuk Klasifikasi Penerimaan Beasiswa. ISSN : 2088-4591. 2018.

Dewi, S. Komparasi Metode Algoritma Data Mining Pada Prediksi Uji Kelayakan Credit Approval Pada Calon Nasabah Kredit Perbangkan. Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol VII, No. 1, ISSN : 2579 - 633X59. 2019.

Haryati, S., Sudarsono, A., & Suryana, E. Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu). Media Infotama , 130. 2015.

Hermawati, F. A. Data Mining. Yogyakarta: Andi. 2013.

Hijriana, N., & Muttaqin, R. Penerapan Metode Decision Tree Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Mahasiswa Berprestasi. Al Ulum Sains dan Teknologi , 39-40. 2016.

Kusmini, L., & Taufiq, E. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi. 2009.

Sulianta, F., & Juju, D. Rapid Miner (YALE). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 2010.

Suyanto. Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klastering Data. Bandung: Informatika. 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.