Analisis User Experience dan Redesign Website LBH Jakarta Dengan Metode Post Study System Usability Questionnaire

Fauzan Ahmat Rahmawan, Erly Krisnanik, Bambang Yuwono, Bambang Saras Yulistiawan

Abstract


Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta adalah lembaga yang pada awalnya dibentuk untuk memberikan bantuan hukum bagi orang-orang yang tidak mampu agar dapat memperjuangkan hak-hak mereka. Website menjadi salah satu media yang digunakan oleh LBH Jakarta untuk menyebarkan informasi terkait permasalahan yang sedang dikawal maupun berbagai informasi lainnya yang dapat membantu perjuangan LBH Jakarta. Pada penelitian ini peneliti mengambil populasi yaitu orang yang menggunakan atau mengakses website tersebut yang berada di Jakarta dan Depok. Setelah itu peneliti menggunakan Teknik stratified sampling untuk mengetahui atau menggelompokkan sample yang akan digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa nilai usability pada website LBH Jakarta berdasarkan perhitungan PSSUQ masih belum maksimal sehingga diperlukan perancangan ulang desain web tersebut.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, E. ANALISIS USABILITY SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN (SIM TENDIK) KEMDIKBUD MENGGUNAKAN METODE PSSUQ. 2020.

al Ghiffari, A., Darwiyanto, E. and Junaedi, D. Perancangan Ulang User Interface Website Politeknik Kesehatan Makassar Menggunakan Metode User-Centered Design. Available at: http://www.poltekkes-mks.ac.id/. 2019.

Kurniawati, L., Safitri, A. and Duta Akbar, D. ‘USER CENTERED DESIGN (UCD) UNTUK RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI’, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 4. Available at: http://www.nusamandiri.ac.idwww.bsi.ac.id2www.bsi.ac.id. 2018.

Putra Novianto, A.D. ‘Analisis User Experience Website RSU Pesanggrahan Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)’, Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021 [Preprint]. 2021.

Rifqi Maula, A. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN NILAI SISWA MENGGUNAKAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN (Studi Pada SMP Negeri 1 Gondanglegi). 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.