Pengembangan Aplikasi Penggajian Upahqu Berbasis ERP (Enterprise Resource Planning) di PT. Andromedia

Diva Aulia Shafira, Kraugusteeliana - Kraugusteeliana, I Gede Swasrama

Abstract


Sistem Penggajian merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan keuangan perusahaan. PT.Andromedia yang merupakan sebuah perusahaan IT membutuhkan sistem penggajian dan presensi yang terkomputerisasi karena sebelumnya masih menggunakan sistem penggajian dan presensi secara manual. Untuk memenuhi kebutuhan sistem penggajian diperlukan adanya pengembangan terhadap sistem penggajian. Selain mencegah terjadinya kesalahan penggajian juga membantu perusahaan dalam manajemen penggajian karyawan dengan mudah. Dalam melakukan Analisis peneliti menggunakan Metode PIECES dalam menentukan kebutuhan sistem. Selain itu, dalam melakukan pengembangan sistem, peneliti menggunakan metode Agile Scrum untuk menyesuaikan kebutuhan dari sistem yang dikembangkan melalui hasil wawancara dengan calon pengguna. Aplikasi dibuat dengan menggunakan Visual Studio Code dalam melakukan pengkodean dan menggunakan framework React, framework Laravel dan framework Tailwind  untuk membantu peneliti dalam membuat tampilan aplikasi menjadi lebih menarik. Peneliti juga menggunakan Prismabase (Prisma Schema) dalam menyimpan data ke dalam database. Diharapkan dengan dibuatnya sistem ini dapat menjadi alternatif yang tepat untuk menghemat waktu dan tenaga serta memudahkan staff PT.Andromedia dalam melakukan penggajian. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan adanya digitalisasi penggajian perusahaan dapat menyimpan data karyawan dan riwayat penggajian semua karyawan, sehingga perusahaan dapat memeriksa data karyawan dengan mudah

Full Text:

PDF

References


M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis Telkomsel Website Quality Analysis Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis Method,” Cogito Smart Journal |, vol. 8, no. 1, 2022.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurniawan, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada SMK Bina Karya Karawang,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 14, no. 4, pp. 13–23, Jan. 2020, doi: 10.35969/interkom.v14i4.58.

K. Fitriani, “PENGEMBANGAN APLIKASI NOTIFIKASI JADWAL SEKOLAH BERBASIS ANDROID DI SMK NEGERI 2 DEPOK,” Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2019.

D. Y. Yulianti, Damayanti, and A. T. Prastowo, “Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klinik Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. No. 2, pp. 32–39, Jun. 2021.

A. Fajar, A. Dwi, and A. Serahman, “Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (AR),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. No. 2, pp. 24–31, 2021.

N. Azis, G. Pribadi, and M. S. Nurcahya, “Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android,” Jurnal IKRA-ITH Informatika , vol. 4, no. 3, Nov. 2020.

T. Febrianto, D. Soediantono, S. Staf, K. Tni, and A. Laut, “Enterprise Resource Planning (ERP) and Implementation Suggestion to the Defense Industry: A Literature Review,” 2022. [Online]. Available: http://www.jiemar.org

Dr. Ana Hadiana and Dr. Yoyo Sudaryo, FRAMEWORK - Enterprise Resource Planning. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI), 2021.

nurul Huda, “ANALISIS KINERJA WEBSITE PT PLN (PERSERO) MENGGUNAKAN METODE PIECES,” SISTEMASI, vol. B, pp. 78–89, 2019.

B. Kharisma and N. Santoso, “Pengembangan Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak Kolaboratif Menggunakan Scrum,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, pp. 723–732, Mar. 2020.

K. Schwaber and J. Sutherland, “Manifesto for Agile Software Development,” Nov. 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.