Analisis Behavioral Intention Pada Penggunaan Digital Payment Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model 3 (Studi Kasus Pada Aplikasi Linkaja)

Muhammad Faisal, Kraugusteeliana Kraugusteeliana

Abstract


Digital Payment merupakan teknologi keuangan berbasis server yang bermanfaat bagi pengguna dalam bertransaksi non-tunai. Beberapa orang mengenal digital payment sebagai e-wallet atau dompet elektronik yang dapat mudah digunakan dalam berbelanja online. Salah satu aplikasi e-wallet di indonesia adalah Linkaja. Kini digital payment dengan Linkaja sudah terintegrasi dengan beberapa perusahaan, merchant atau marketplace di indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mepengaruhi mnat/niat perilaku (behavioral intention) terhadap pengunaan digital payment di Aplikasi Linkaja. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah metode Technology Acceptance Model 3 (Venkatesh dan Bala, 2008) dengan beberapa variabel yaitu: subjective norms, result demonstrability, output quality, digital payment self-efficacy dan variabel pada Technology Acceptance Model (Davis, 1989) yaitu: perceived ease of use, perceived usefulness & behavioral intention. Tehnik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara online, kuesioner sudah dirancang diuji validitas kusioner dengan SPSS dengan  total responden 25. Responden tersebut adalah para masyarakat umum yang menggunakan Linkaja. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa varibel subjective norms, digital payment self-efficacy, perceived ease of use, perceived usefulness dan behavioral intention memiliki status valid namun result demonstrability dan output quality memiliki status invalid.

 

Kata kunci:  E-Wallet, Digital Payment, Technology Acceptance Model, Behavioral Intension.


Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. (2016) . “Financial Technology”, www.bi.go.id, diakses: 20 September 2019.

Basu Swastha, 2007, “Manajemen Pemasaran Modern” , Liberty Offset, Yogyakarta. Decita, D.V. (2019). Siapa Aplikasi E-wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia, www.iprice.co.id , diakses: September 21 2019.

Davis,F.D. 1989. ”Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly.Vol. 13 No. 5: pp319-339.

Fandy, Tjiptono,(2011), “Pemasaran Jasa” , Bayumedia, Malang.

Fredorko, Bacik, Gavurova. (2018). “Technology acceptance model in e-commerce segment”. www.researchgate.net/ , diekases: 27 September 2019.

Teoh, Wendy Ming-Yen et.al. (2013). "Factors affecting consumers’ perception of electronic payment: an empirical analysis", Internet Research, Vol. 23 Iss 4 pp. 465 – 485

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2008). “Consumer behavior and marketing strategy” (8th ed.). Singapore: McGraw-Hill.

Venkatesh, V. dan H. Bala. (2008). “Technology Acceptance Model 3 and a Research Agenda on Interventions.” Decision sciences, 39(2), May, 273- 315.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.