Rancangan Indikator Audit Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan Menggunakan Framework COBIT 5 Domain DSS, ME dan, EDM (STUDI KASUS BPJS)

Irene Cindy Yeanne Vitrin, Kraugusteeliana Kraugusteeliana, Anita Muliawati

Abstract


BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) saat ini sangat di andalkan oleh masyarakat sebagai Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.  Penulisan ini ditujukan untuk menganalisis teknologi informasi di dalam sistem informasi yang sudah berjalan di dalam BPJS sebelumnya. Tujuannya untuk meningkatkan tingkat pelayanan BPJS agar masyarakat saat berobat dapat merasa lebih nyaman. Untuk menguji analisis itu menggunakan framework COBIT 5.0 yang menggunakan Capability Model dalam menentukan seberapa tingkat kemampuan BPJS dalam menangani masalah jaminan kesehatan bagi masyarakat. Dalam penulisan ini menggunakan domain DSS, MEA, dan EDM dalam mengukur kemampuan pelayanan BPJS. Selain itu juga menggunakan dengan melakukan proses Reability Scale yang memberikan hasil Cronbach’s Alpha dari 30 responden dinyatakan layak dijadikan sebagai kuesioner dengan syarat kelayakan yaitu 0,6 dan hasil pernyataan yang terdapat pada kuesioner perdomainnya mendapat hasil lebih dari 0,6


Full Text:

PDF

References


Cofriyanti, Ervi, dkk.. Penilaian Tingkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang Melayani BPJS dengan Framework COBIT. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

ISACA, (2012). COBIT 5 Implementation USA. ISACA

Lasari, Hadrianti H.D. 2014.Analisis Penerimaan Sistem Informasi Manajemen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Layanan Primary Care di Puskesmas (Makassar: Penerbit Universitas Gadjah Mada.

Putri, Baby Silvia, Lindawati Kartika. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit Herimna Bogor. (Bogor: Penerbit Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.