Rancangan Indikator Analisis Pengaruh Penerimaan Sistem E-Learning (Persepsi Kebermanfaatan & Persepsi Kemudahan) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model TAM (Studi Kasus : Sistem Google Classroom SMK Negeri 57 Jakarta)

Savira nurfathi, Kraugusteeliana Kraugusteeliana

Abstract


SMK Negeri 57 Jakarta sebagai salah satu sekolah yang menerapkan standar kurikulum 2013, kini telah mulai menggunaan sistem e-Learning Google Classroom dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Sistem ini sudah berjalan 2 tahun dan digunakan oleh siswa dalam keseharian pembelajaran seperti pengerjaan tugas, ulangan, mengakses materi yang dapat dilakukan lingkungan sekolah maupun dirumah. Penggunaan sebuah teknologi baru akan menghasilkan reaksi  berupa penerimaan (acceptance) maupun penolakan (avoidance) bagi penggunanya. Model TAM (Technology Acceptance Model) dipilih karena model ini digunakan untuk mengukur sejauh mana tingkat penerimaan pengguna terhadap penggunaan sistem e-Learning dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan variabel bebas berupa 2 konstruk utama TAM yakni Persepsi Kebermanfaatan (Perceived Usefulness /PU) dan Persepsi Kemudahan (Perceived Ease Of Use /PEOU). Serta variabel terikat yakni motivasi belajar siswa. Pengujian rancangan kuesioner didapatkan hasil bahwa rancangan kuesioner ini layak dan bisa dianalisis karena angka pada setiap cronbach’s alpha pada setiap konstruk dan variabel memiliki nilai lebih dari 0,6 yaitu Konstruk PU bernilai 0.706, Konstruk PEOU bernilai 0.715 dan variabel MBS bernilai 0.710.


Full Text:

PDF

References


Gerintya, S. (2019). Periksa Data Indeks Pendidikan Indonesia Rendah, Daya Saing pun Lemah. Diakses dari https://tirto.id/, diakses: 25 September 2019.

Setiawan, S. (2019). “Persepsi” Pengertian Menurut Para Ahli & (Proses Terjadinya – Faktor yang Mempengaruhi). Diakses dari www.gurupendidikan.co.id/, diakses: 9 Oktober 2019.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman : Deepublish.

Damanik, D. (2019). Analisis Potensi Kegagalan Implementasi Sistem Odoo Pada Divisi Accounting Pt Paramita Bangun Sarana, Tbk. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Komputer. UPN Veteran Jakarta: Jakarta.

Napitupulu, D. (2017). Kajian Penerimaan e-Learning dengan Model TAM Study of e-Learning Acceptance Based on TAM Approach. Jurnal. Jakarta: Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu.

Sibarani, R. (2019). Analisis Persepsi Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Satya Satya Negara Indonesia Dengan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal. Jakarta: Jurnal Satya Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.