OPTIMALISASI TATA KELOLA TI PADA PT. XYZ FINANCE DENGAN FRAMEWORK COBIT 5

Pipin Octavia, Azhar Andika Putra, Cahyo Pambudi Darmo, Kraugusteeliana Kraugusteeliana

Abstract


PT. XYZ Finance adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan yang berlokasi di Palembang. Penelitian ini membahas bagaimana tata kelola teknologi informasi di PT. XYZ Finance Cabang Palembang, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan dan pemanfaatan TI  dalam meningkatkan pelayanan di PT. XYZ Finance yang efektif dan efisien dengan menggunakan framework COBIT 5. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, kuesioner, dan observasi. Penilaian kapabilitas proses tata kelola teknologi informasi yang dilakukan terhadap setiap domain proses menghasilkan bahwa organisasi saat ini berada pada level 1 (performed process). Proses dijalankan namun belum berjalan dengan optimal, sehingga perlunya peningkatan terhadap IT Governance dengan menggunakan framework COBIT 5.

Full Text:

PDF

References


Eka Putri. R. (2016). Penelitian Kapabilitas Proses Tata Kelola TI Berdasarkan Proses DSS01 Pada Framework COBIT 5, Padang.

Hakim. A., Saragih. H., & Suhato. A. (2014). Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Framework COBIT 5 Di Kementrian ESDM Tegal.

ISACA. (2012). Enabling Process. ISACA.

ITGI. ( 2007). Framework Control Objectives Management Guidelines Maturity Models.

Lutfianto. A. (2014). Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi dengan Framework COBIT 5 Domain EDM01 Pada Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Novita. R. E & Sumaryono. (2014). Penilaian Tingkat Capability Tata Kelola TI Pada Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia.

Sigit Sulistya Hadi. N. (2014). Pengukuran Tingkat Kapabilitas Tata Kelola Infrastruktur Jaringan Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.

Tri. (2015). Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Framework COBIT 5 di DISDIKPORA kota Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.