PROTOTYPE APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI PENINGKATAN MUTU LAYANAN DI UPN “VETERAN” JAKARTA

Izhar Yusuf Siregar, Rudhy Ho Purabaya, Ika Nurlaili

Abstract


Teknologi Informasi berkembang dengan pesat semejak memasuki era Revolusi Industri 4.0. tak kercuali persaingan antarinstansi pendidikan seperti Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Dengan semakin ketatnya persaingan antarinstansi perguruan tinggi di indonesia, menjadikan seluruh instansi perguruan tinggi untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya pada mahasiswa mereka, baik itu dalam memberikan fasilitas kampus yang memadai ataupun pembelajaran yang berkualitas. Salah satu persaingan yang terjadi adalah dalam mendapatkan mahasiswa baru dengan jumlah yang banyak dan berkualitas. Untuk mencapai tujuan itu maka diperlukannya strategi dan manajemen pelayanan kepada pelanggan yang baik. Oleh karena perlu adanya komunikasi antara perguruan tinggi dengan para pengguna layanannya seperti contohnya Mahasiswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM). Customer Relationship Management (CRM) dapat membantu perguruan tinggi salah satunya adalah UPN “Veteran” Jakarta yang merupakan perguruan tinggi negeri dengan jumlah pengguna layanan cukup banyak untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pengguna layanannya. Salah satu cara menerapkan konsep CRM dapat menggunakan sebuah aplikasi web dimana aplikasi itu dapat memberikan wawasan atau informasi kepada pengguna serta meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Sistem yang dibangun berupa Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) berbasis web sebagai peningkatan mutu layanan UPN “Veteran” Jakarta. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan adanya hubungan antara stakeholders yaitu perguruan tinggi dan customers yaitu pengguna layanan yang lebih komunikatif.

Full Text:

PDF

References


J. P. Wildyaksanjani and D. Sugiana, “Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero),” J. Kaji. Komun., vol. 6, no. 1, p. 10, 2018.

A. Mahaseptiviana, A. B. Tjandrarini, and P. Sudarmaningtyas, “Analisa Perancangan Sistem Informasi Penjualan Air Minum Pada CV. Air Putih,” JSIKA, vol. 3, no. 2, pp. 157–165, 2014.

J. Abdurrahman, D. Hamdani, and P. Novantara, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Garut),” J. NUANSA Inform., vol. 12, no. 1, pp. 30–36, 2018.

Sutariyani, K. Hamidjoyo, and S. A. N, “Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Pada Rsu Assalam Gemolong,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 6, no. 2, pp. 43–48, 2017

C. Tristianto, “PENGGUNAAN METODE WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN PEDESAAN,” J. Teknol. Inf. ESIT, vol. XII, no. 01, pp. 08–22, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.