DESAIN APLIKASI NEOMAL KIT, PENDAMPING PERJALANAN DI ERA NEW NORMAL

Ajeng Arifa Chantika Rindu, Ika Nurlaili Isnainiyah, Annisya Safa Kusyanti, Putri Sarah Fransisca, Rachma Adzima Maulida, Viryal Zahra Nada

Abstract


Pandemi wabah Corona Virus Disease 19 (COVID-19) tidak hanya menggemparkan lingkup nasional saja, namun ranah internasional disibukkan dengan kehadiran wabah virus COVID-19. Kejadian ini menimbulkan dampak pada aktvitas manusia dari berbagai sektor. Manusia juga dituntut untuk lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan masing-masing individu karena COVID-19 ini dapat menyerang siapapun dari kalangan manapun. Yang dapat dilakukan manusia saat ini hanyalah mencegah diri sendiri agar tidak terpapar virus tersebut. Salah satu ketetapan yang mengatur mengenai kehidupan saat pandemi sering kita kenal dengan Protokol Kesehatan. Hal ini memotivasi kami untuk membuat aplikasi yang dapat membantu masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dengan menyediakan beberapa fitur seperti fitur distance alarm, mengecek suhu tubuh, melihat keramaian lokasi, serta membuat jadwal aktivitas dan mendapatkan pengingat ketika ingin keluar rumah untuk memakai masker, membawa handsanitizer, tissue, dan hand wash. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, penulis melakukan analisis desain dengan menggunakan metode Goal, Operator, Method, Selection (GOMS). Hasil analisis penulis menunjukkan bahwa pengguna dapat menggunakan fitur aplikasi Neomal Kit dengan berbagai cara yang berbeda dan juga menghabiskan waktu yang beragam.

Full Text:

PDF

References


A. Shantika, "Kenali Design Thinking Sebelum Bikin StartUp," 2016. [Online]. Available: http://www.marketeers.com.

R.M. Agung Harimurti, 2016, Pengembangan Manajemen Data dan Informasi Menggunakan Analisis Soft Systems Methodology, Yogyakarta.

Harijanto Pangestu, 2012, Penerapan Metode Goms Untuk Evaluasi Perangkat Lunak Pemodelan Visual Berbasis Open Source, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.