DESAIN MODEL LAYANAN ADMIN PELAPORAN VALIDASI SISTEM INFORMASI JARINGAN PENGELOLA (SIGAP) PADA PDDIKTI

Ramla Shantika Devi, Erly Krisnanik

Abstract


Pada perkembangan zaman serta teknologi yang semakin maju, membuat segala aspek kegiatan yang ada membutuhkan sebuah teknologi sebagai solusi kemudahan bagi penggunanya. Perusahan perlu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, agar kegiatan dalam perusahaannya dapat dilakukan dengan mudah dan terotomatisasi, Perkembangan teknologi juga digunakan pada instansi Pangkalan Data Pendidikan Tinggin (PDDikti) yaitu penggunaan website untuk melakukan kegiatan pengolahan data pada Perguruan Tinggi Di Indonesia. Namun, ada beberapa yang perlu dilakukan pengembangan pada kegiatan pengelolaan data agar menjadi efektif dan efisien. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah integrasi pada website PDDikti dengan menggunakan notifikasi kepada website SIGAP sebagai salah satu solusi untuk memberikan kemudahan dalam melakukan validasi pelaporan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan PIECES analisis, sehingga membantu dalam analisa masalah, kebutuhan dan solusi masalah yang ada. Dengan adanya Analisis serta Rekomendasi solusi yang diberikan ini, diharapkan dapat membantu sistem menjadi lebih efektif dan efisien digunakan untuk kedepannya.


Full Text:

PDF

References


PDDikti Kemendikbud. 2019. Sejarah PD Dikti. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Hutagalung, D. D., & Arif, F. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Smk Citra Negara Depok. Jurnal rekayasa informasi, 7(1).

Rosa, A. S., & Shalauddin, M. 2018. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek).

PDDikti Kemendikbud. 2019. Roadmap PD Dikti. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Astriyani, E., Putri, F. N., & Widianingsih, N. E. (2020). Desain Sistem Informasi Monitoring Aset Pada PT. Arbunco Wira Pandega. Journal Sensi, 6(1), 87-99.

Darmawan, E., & Santoso, S. (2017). Perancangan dan Pembuatan Sistem Pengumuman Akademis Berbasis Tag Menggunakan REST Web Service. Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 8(1), 48-53.

Zalukhu, S., & Handriani, I. (2019). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Sistem Inventory (Studi Kasus: PT. Cakra Medika Utama). JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(1), 116-122.

Haldi, Mochammad. (2019).Mengenal Metode Pembuatan Sistem Informasi Waterfall, Diakses 25 September 2021, dari Binus University Bandung-Kampus Teknologi Kreatif

Anwardi, A., Ramadona, A., Hartati, M., Nurainun, T., & Permata, E. G. (2020). Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 7(1), 57-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.