Perancangan Website Sistem Informasi Manajemen Data Diklat Pada Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Menggunakan PHP

Achmad Solehuddin, Fikry Ardi Fatma, Helena Nurramadhani Irmanda

Abstract


Pendidikan dan pelatihan (Diklat) adalah hal yang sering dilakukan di berbagai instansi, salah satunya ialah Sekretariat Jenderal DPD RI yang dimana proses manajemen data diklat masih dilakukan secara manual dan proses manajemen data diklat sendiri terdiri dari pengadaan pelaksanaan diklat, pendaftaran peserta diklat dan evaluasi peserta diklat. Oleh karena itu, perlu adanya sistem informasi untuk membantu proses manajemen data diklat sehingga prosesnya pun semakin efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, sedangkan untuk metode pengujiannya adalah blackbox. Dengan dibuatnya sistem ini, diharapkan sistem dapat mempermudah proses manajemen data diklat yang awal nya masih manual, kini bisa dilakukan dengan sistem informasi yang ada sehingga dapat memudahkan proses birokrasi dalam suatu instansi.

Full Text:

PDF

References


Alshamrani, A. dan Bahattab, A. (2015) “A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, and Incremental/Iterative Model,” IJCSI International Journal of Computer Science Issues, 12(1), hal. 106–111.

Ningrum, F. C. dkk. (2019) “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), hal. 125–130.

Rantung, H. A. dkk. (2019) “Sistem Informasi Diklat Berbasis Web,” Sistem Informasi Diklat Berbasis Web, 14(1), hal. 9–14.

Sutabri, T. (2012) Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tabrani, M. dan Pudjiarti, E. (2017) “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Inventori PT. Pangan Sehat Sejahtera,” Jurnal Infokar, 1(2), hal. 30–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.