Perancangan Sistem Informasi E-Absensi Pegawai pada Driving Range Golf Matoa Jakarta Selatan Menggunakan Qrcode Berbasis Website

Rizki Rafly Rahmawan, Theresiawati Theresiawati

Abstract


QRcode dapat digunakan untuk membantu proses pengelolaan data dalam database. Pada permasalahan ini pegawai pada perusahaan Driving Range Golf matoa Jakarta selatan masih menggunakan metode absensi secara manual, yang di mana metode tersebut sangat lah tertinggal teknologi, karena dengan cara absen manual seperti itu pegawai bisa saja memanipulasi absen tersebut. Maka dari itu metode yang tepat untuk meminimalisir hal tersebut adalah absensi  pegawai menggunakan QRcode. Komponen utama pada sistem ini adalah kamera smartphone sebagai scanner untuk membaca QRcode yang disediakan. QRcode yang disediakan pada personal computer akan terus berganti setiap detik agar lebih meminimalisir adanya manipulasi, dan personal computer (PC) untuk menjalankan sistem aplikasi ini dirancang dengan bahasa pemrograman hypertext prepocessor (PHP) dengan framework codeigniter dan MySQL untuk pembuatan database. Hasil dari pengujian, sistem aplikasi yang dilakukan oleh admin melalui metode blackbox telah berhasil berjalan sesuai dengan rencana awal yaitu untuk membantu proses presensi agar lebih efektif dan efisien dan camera smartphone dapat membaca QR code yang telah disediakan secara akurat. Proses input data kedalam database dapat berjalan dengan baik sesuai rancangan.


Full Text:

Untitled PDF

References


Romney, M.B., Steinbart, P. J. Accounting information systems 13th edition. UK: Pearson Educated Limited,2015.

Sukamto et al, Rekayasa Perangkat Lunak.Bandung : Informasi Bandung,2016.

Avidan, A., Weissman, C., et al, ). Integration of QR codes into an anesthesia informationmanagement system for resident case logmanagement. International journal of medical informatics, 84(4), 271-276, 2015.

Anhar, ). “Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak”. Jakarta : Mediakita,2010.

Bhardwaj, N., Kumar, R., Verma, et al,Decoding algorithm for color QR code: A mobile Scanner application. In Recent Trends in Information Technology (ICRTIT), International Conference on (pp. 1-6), 2016.


Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.