PKM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KELOMPOK UKM KULINER DEPOK

Damayanti Damayanti, Wahidah R Bulan

Abstract


Penggunaan teknologi informai instagram dalam kegiatan Kelompok UKM Kecamatan Cilodong Depok belum dilakukan. Baru beberapa orang saja yang ,perti facebook dan whatsapp. Pemanfaatan media sosial instagram sangat membantu dalam kegiatan meningkatkan pemasaran UKM. Salah seorang anggota kelompok, pendapatannya menurun setelah media sosial instagram marak digunakan. Penggunaan instagram belum digunakan dalam kegiatan pemasaran Kelompok ini karena beberapa keterbatasan, yaitu: 1) Terbatasnya pemahaman dan pengetahuan tentang pemanfaatan instagram. 2) Terbatasnya kemampuan dan keterampilan dalam melakukan praktek dan aktivitas pemanfaatan instagram.3) Kurangnya kemampuan membangun apresiasi berkaitan dengan pemanfaatan instagram dalam meningkatkan pemasaran produk. Oleh sebab itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini memandang pentingnya urgensi untuk memberikan pemahaman dan aktivitas pemanfaatan instagram dalam meningkatkan pemasaran produk. Metode pelaksanaan pada program pengabdian masyarakat ini, yaitu pengenalan dan pendampingan penggunaan instagram dalam meningkatkan pemasaran produk. Selama 2 bulan masa pendampingan, peserta diberi kuesioner untuk melihat pemanfaatan media instagram kepada kelompok. Dari 39 peserta, 22 orang mengatakan kegiatan ini bermanfaat, 9 orang menyatakan sangat bermanfaat, 6 orang menjawab kurang bermanfaat dan 2 orang menjawab tidak bermanfaat. Secara umum sejumlah 31 orang merasa memperoleh informasi baru dan membantu dalam memasarkan produk mereka serta Materi yang diberikan merupakan materi yang sangat dibutuhkan dalam pemasaran produk UKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.