SEMINAR MENGAJAR KREATIF

Meike Kurniawati, Ninawati Ninawati

Abstract


Pendidikan agama pada anak adalah hal yang sangat penting. Dengan pendidikan agama sejak dini yang baik, diharapkan kelak anak-anak akan menjadi pribadi yang selain berpendidikan baik juga berakhlak dan bermoral baik. Salah satu wadah pendidikan agama pada anak adalah Sekolah Minggu. Mengajar sekolah Minggu tidak berbeda dengan mengajar pada umumnya. Tantangan yang dihadapi juga tidak jauh berbeda, yaitu (1). Rendahnya perhatian anak – anak ketika GSM menerangka; (2). Rendahnya kemampuan anak untuk mengulang kembali materi yang diajarkan sebelumnya; (3). Rendahnya minat anak untuk mengikuti sekolah Minggu.

Tantangan tersebut diatas, apabila tidak ditangani tentunya akan membuat kegiatan belajar mengajar di Sekolah Minggu menjadi tidak efektif. Salah satu cara untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengajar secara kreatif.  Kreativitas mengajar guru adalah kemampuan guru yang senantiasa mengembangkan  materi pelajaran dan mampu menciptakan suasana yang menarik dan tenang serta memodifikasi pelajaran.

Mitra merasa perlu adanya seminar  mengajar kreatif karena diharapkan dengan adanya seminar  mengajar kreatif ini, para GSM dapat memiliki kemampuan mengajar yang lebih baik sehingga membuat anak-anak dapat lebih bersemangat mengikuti kelas-kelas GSM.


Full Text:

PDF

References


Chan, S., & Yuen, M. (2014). Creativity beliefs, creative personality and creativityfostering practices of gifted education teachers and regular class teachers in Hong Kong. Thinking Skills and Creativity, 14, 109–118.

Christianti, M. (2008). Penanaman Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercerita Bertema Cerita Rakyat Budaya Lokal.

Dacey, J.S & Lennon, K.M. (1999). Understanding creativity. San Fransisco: Josey – Bass

Fadlillah., M. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, Menyenangkan. Prenadamedia Group : Jakarta.

Gardiner, P. (2017). Rethinking feedback : Playwriting pedagogy as teaching and learning for creativity. Teaching and Teacher Education, 65, 117–126.

Huang, X., & Lee, J. C. (2015). Disclosing Hong Kong teacher beliefs regarding creative teaching : Five different perspectives. Thinking Skills and Creativity, 15, 37–47. http://doi.org/10.1016/j.tsc.2014.11.003

Hutapea, B. (2012). Motif dan Pengalaman Guru Sekolah Minggu Pemula Pada Gereja Berbasi Kesukuan Terkait Orientasi Nilai Budaya (Suatu Kajian Psikologi Naratif). Procedding (tidak diterbitkan): Seminar Nasional: Keluarga, Kepribadian, dan Kebudayaan. Universitas Sanata Darma : Salatiga

Juandi, A., & Sontani, U.T. (2017). Ketrampilan & Kreativitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran. Vol 1 (1). Juli 2017

Kurniawati, M, (1999). Metode Pengajaran Yang Efektif Bagi Guru Sekolah Minggu: Sebuah Studi Kasus di Sekolah Minggu X di Probolinggo. Jurnal Akademika, Vol 11 (1).

Kusmayadi, I. (2011). Membongkar kecerdasan anak: Mendeteksi bakat dan potensi anak sejak dini. Jakarta: Gudang Ilmu

Mohammad, N., & Mohamad, R. (2015). Creative Teaching in Design and Technology

Curriculum : Using Structural Equation Modeling. Procedia - Social and Behavioral

Sciences, 204(November 2014), 240–246.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya Sukadi

Munandar, S.U. (1997). Strategi pengembangan keberbakatan & kreativitas. Jakarta: Grassindo.

Novita, W. (2007). Serba serbi anak: yang perlu diketahui seputar anak dari dalam kandungan hingga masa sekolah. Jakarta: Gramedia.

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4 (3). November 2017.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Soleymanpour, J. (2015). the Effects of Creative Teaching Method on Motivation and

Academic Achievement of Elementary School Students in Academic Year 2014- 2015, 3(5), 35–39.

Whitehead. G.(2012). Job Description For Sunday School Teacher. Diunduh dari http://bwcar.org/wp-content/uploads/ 2012/07/Christian Education Orientation Packet.pdf.

Wijaya, Cece. (1991). Kreativitas. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.