Penguatan Karakter Kebangsaan dan Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh Tirta Makmur

Budhi Martana, Sugianto Sugianto, Suyanti Suyanti

Abstract


Tujuankegiatan ini adalah untuk menumbuhkan motivasi masyarakat di daerah untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui kesempatan dan pengalaman hidup bersosialisasi dengan masyarakat berbeda daerah asalnya, sehingga menumbuhkan jiwa toleransi dengan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai dan keberagaman budaya Indonesia. Target dan luaran yang diharapakan dapat dicapai dari program ini adalah (1) mampu bekerjasama dalam memformulasikan potensi yang dimiliki melalui penerapan IPTEKS, (2) mampu merancang program kerja dan mengaplikasikannya dengan penuh tanggungjawab, (3) mampu mengelola perubahan diri dan lingkungan, berkomunikasi dan memotivasi kelompok dan masyarakat, dan (4) memiliki kepribadian yang tangguh, jujur, peduli dan saling menghargai. Metode pelaksanaan kegiatan KKN Kebangsaan dilakukan dalam bentuk sosialisasi/penyuluhan dan pelatihan-pelatihan dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat secara langsung. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah gerakan literasi desa, penanaman pentingnya cuci tangan untuk peningkatan kesehatan khususnya bagi siswa-siswa sekolah dasar, tumbuhnya kreativitas ibu-ibu dalam memanfaatkan potensi yang dimilikinya dalam pembuatan produk-produk yang memiliki nilai ekonomis, dan pelestarian budaya tari tradisional.

 

Keywordspemberdayaanmasyarakat, keberagaman, potensi

 


Full Text:

PDF

References


Anonim, "Statistik Daerah Tulang Bawang Barat tahun 2016". Badan Statistik Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Anonim. "Pedoman Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan". Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Tahun 2018.

Maskut Candranegara. "Sejarah Panjang Tulang Bawang Barat, Refleksi Peringatan 7 Tahun Kabupaten Tulang Bawang Barat". Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tulang Bawang Barat. 2016.

Sapar, Lanteng Bustami, A. Hasbi Munarka. "Pengabdian KKN-PPM di Desa Lagego Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur". Resona Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.1 No.1 (2017). 1-5.

Nur Anny S. Taufieq, Wahidah Sanusi. "Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Petani Perkebunan Dengan Pengolahan Hasil Pertanian/Perkebunan, UMKM dan Pembelajaran Melalui KKN-PPM di Desa Mallongi-longi Kabupaten

Pinrang". Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, Vol.3 No.1, Juni 2018. 61-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.