Pengelolaan Administrasi Sumur Artesis Komplek G-Land Ciganitri dengan Aplikasi Water Distribution Management System berbasis Android

Hariandi Maulid, Indra Azimi, Tri Brotoharsono

Abstract


Komplek G-Land Ciganitri Residence telah memiliki fasilitas air bersih sumur artesis yang dibangun berkat kerja sama antara pihak developer dan swadaya masyarakat komplek G-Land. Pengelolaan air diserahkan sepenuhnya kepada warga dari mulai pemasangan piva ke tiap rumah, instalasi meteran air, penghitungan biaya penggunaan air permeter kubik, serta administrasi dan pemeliharaan sumur artesis. Beberapa masalah yang muncul diantaranya: sering terjadinya kesalahan penghitungan biaya yang harus dibayarkan; catatan rekap meteran perbulan dalam bentuk kertas rentan kerusakan dan kehilangan data; catatan rekap meteran hanya dipegang oleh bendahara, sehingga jika warga ingin mengetahui riwayat catatan meteran beserta pembayarannya, warga harus menemui bendahara; rentan terjadinya manipulasi satus meteran perbulannya baik dilakukan oleh warga maupun bendahara; sering terjadinya ketidaksesuaian rekap keuangan antara yang tercatat dan bukti fisik uangnya; serta pengeluaran keuangan terkadang tidak tercatat dengan baik, sehingga memicu ketidaksesuaian antara jumlah tercatat dan bukti fisiknya. Melihat realita di atas telah dibentuk dua tim, yaitu tim pengembangan dan tim sosialisasi. Tim pengembangan bertugas membangun sistem pengelolaan admistrasi dan keuangan sumur artesis. Sedangkan tim sosialisasi bertugas melakukan sosialisasi dan pelatihan aplikasi. Hasil dari proyek ini adalah sebuah Aplikasi beserta pelatihannya yang dapat membantu pengurus dan warga dalam mengelola administrasi serta keuangan sumur artesis.

 

Kata kunci : administrasi, pengembangan aplikasi, sumur artesis


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, (2013). From Zero to A Pro Pemrograman Aplikasi Android. Andi Yogyakarta

Abras, C., Maloney-Krichmar, D., Preece, J., (2004). User Centerd Design, Encyclopedia of Human Computer Interaction, Thousand Oaks, Sage Publication.

Barabara Balard. (2007). Designing The Mobile User Experience. Jhon Wiley and Sons.

De Troyer, O.M.F., Leune, C.J., (1998). WSDM: a user centered design method for website, Proceeding of the 7th International World Wide Web Conference, Elsevier.

Faisla Mohammad, Jyoti Anarase, Milan Shingote, Pratik Ghanwat, (2014). Optical Character Recognition Imlementation Using Pattern Matching, International Journal of Computer Science and Information Technologies, Vol 5 (2).

Scott E. Umbaugh, (1997). Computer Vision and Image Processing: A Practical Approach using Cviptools with Cdrom. Prentice Hall PTR pper Saddle River, NJ, USA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.