PKM KELOMPOK UMKM E-COMMERCE DI KELURAHAN BENDA BARU - KECAMATAN PAMULANG TANGERANG SELATAN

Yoko Tristiarto, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Tahun 2015, Indonesia memasuki era globalisasi yakni Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu benteng pertahanan ekonomi nasional, dimana bila tidak diperhatikan secara serius maka pertumbuhan ekonomi nasional akan rapuh.  Dalam hal ini perlu perhatian khusus untuk para UMKM terutama masalah pemasaran. Dalam upaya untuk mengembangkan indutri kecil, menengah, maka kelemahan-kelemahan tersebut harus diatasi.  Disinilah peran Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan dapat lebih berperan serta membantu mengatasi permasalahan yang ada sehingga diharapkan para UMKM dapat terus berperan dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Indonesia. Menyadari akan permasalahan tersebut, kami Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta adalah salah satu Perguruan Tinggi yang perduli terhadap lingkungan masyarakat sekitar merencanakan akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diharapkan mampu menambah pengetahuan dalam hal pemasaran bisnis melalui internet marketing (E-Commerce), serta dapat memotivasi para UMKM  dapat menjalankan usahanya secara profesional.

Full Text:

PDF

References


Agung, Adiono, 2011, Peran E-commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing UKM, Bandung. STIE-INABA

Departemen Koperasi RI, 2013, Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Tahun 2011-2012, www.depkop.go.id, di akses 20 April 2018

Dinkopumkm.semarangkota.go.id , 2013, Prduk UMKM dan Koperasi Dipamerkan, diakses 20 April 2018.

William J. Stanton , 1991, Fundamentals of marketing, edition 9, McGraw-Hill

Philip Kotler, Gary Armstrong, 2010, Principles of Marketing, Second European Edition, Prentice Hall http://bisnisukm.com/strategi-pemasaran-bisnis-melalui-internet-marketing.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.