PENUMBUHAN KREATIFITAS REMAJA PUTRI MELALUI SENI KETERAMPILAN MAKRAME DAN STRATEGI PENJUALAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN
Abstract
Saat ini Indonesia masih sangat minim wirausahawan. Secara persentase, jumlah wirausaha di Indonesia baru sekitar 3%. Angka tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga di ASEAN seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand yang sudah di atas 4%. Kurangnya minat berwirausaha ini menjadi penyebab menambahnya tingkat pengangguran. Wadah untuk pengenalan wirausaha dan peningkatan kreatifitas pada anak-anak terlantar masih sangat sulit ditemukan di Indonesia. Panti asuhan merupakan salah satu tempat perkumpulan anak terlantar yang dapat digunakan untuk pengenalan akan wirausaha. Namun hal ini sering terlupakan karena keterbatasan dana dan keterbatasan tenaga pengasuh.
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakt ini adalah untuk pengenalan terhadap pendidikan wirausaha yang dimulai dari pembelajaran seni keterampilan yang unik seperti Makrame dan pengenalan terhadap cara berjualan tanpa atau rendah biaya melalui online. Seni Makrame adalah suatu kerajinan simpul-menyimpul dengan menggarap rangkaian benang/tali pada awal atau akhir suatu tenunan, dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut sehingga terbentuk aneka rumbai dan jumbai. Hasil kerajinan simpul atau makrame meliputi ikat pinggang, penghias gerabah atau keramik, tas, hiasan dinding, keranjang untuk menggantung tanaman, gorden, gelang, topi, rompi, taplak meja dan sebagainya. Dan untuk pemasaran barang barang tersebut dapat dilakukan secara online.
References
Business UKM 2018, Inspirasi Bisnis, dari https://bisnisukm.com/modal-rp-25-ribu-ibu-rt-ini-bisnis-kerajinanberomzet-jutaan-rupiah.html
Biografi Pengusaha Wirausaha Mandiri 2016, Buka Usaha Tali Temali Untung Kalau Digali, dari https://biografi-pengusaha.blogspot.com/2016/09/jualan-simpul-pramuka.html
Desa Mojolegi Web 14 Sept 2017, Pengrajin Tas Makrame, dari http://mojolegi.sideka.id/2017/09/14/pengrajin-tas-macrame/
Majalah SCG Edisi April 2018, dari https://edoc.site/majalah-scg-edisi-april-2018-pdf-free.html Nanang Ajim (2015), Produk Kerajinan Tehnik Makrame, dari http://www.mikirbae.com/2015/12/produkkerajinan-fungsi-pakai.html
Niky Sugesti (2016), Etalase Catchy 2016 – 2017, dari www.etalasecatchy.com
Sita Wardhani SE, MSc (12 Sept 2017), Perkembangan E-commerce di Indonesia, dari http://www.validnews.co/Perkembangan-E-commerce-di-Indonesia--1--YXAiJ
Waridah Muthi’ah. (2013). Teknik Makrame dalam Tren Fashion: Ironi Terhadap Prinsip Dromologi (Studi Kasus Koleksi Spring/ Summer Dior 2011), Serat Rupa Vol. 1 Edisi I April 2013, dari http://majour.maranatha.edu/index.php/sr/article/download/1241/1306
Refbacks
- There are currently no refbacks.