GAMBARAN TUMBUH KEMBANG ANAK DIDIK PAUD DI JAJARAN KELURAHAN PEKAYON KECAMATAN PASAR REBO

Sri Yani, Heri Wibisono

Abstract


Masa usia dini adalah masa emas, di mana masa ini adalah merupakan masa yang tepat untuk memberikan pembiasaan yang baik pada anak-anak. Namun bagaimana jika terjadi adanya gangguan tumbuh kembang dari peserta didik. Dengan kegiatan PKM kelompok guru paud diharapkan diperoleh gambaran tumbuh kembang dari peserta didik.Kegiatan ini adalah kegiatan PKM pada kelompok guru PAUD di jajaran kelurahan Pekayon, kecamatan Pasar Rebo. Kegiatan ini dimulai dengan pembekalan kemampuan deteksi tumbuh kembang peserta didik kepada guru-guru paud. Selanjutnya guru-guru akan melakukan pemeriksaan terhadap tumbuh kembang peserta didik masing-masing yang didampingi oleh tim pengabdi. Hasil deteksi tumbuh kembang akan dianalisa bersama-sama dicarikan solusi apabila terjadi penyimpangan tumbuh kembang.Peserta didik PAUD di kelurahan Pekayon terbesar usia 5-6 tahun yakni sebesar 38,91% (121 anak) dan terkecil usia 2-3 tahun yakni hanya 1 anak (0,32%). Berdasarkan data gangguan terbesar pada usia 5-6 tahun yakni sebesar 4,18% dan terkecil usia 4-5 tahun sebanyak 0,32 % (1 anak). Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa: 1) Sebanyak 6,75% anak PAUD di kelurahan Pekayon yang mangalami gangguan perkembangan. 2) Jenis gangguan yang dialami adalah gangguan bicara. 

Masa usia dini adalah masa emas, di mana masa ini adalah merupakan masa yang tepat untuk memberikan pembiasaan yang baik pada anak-anak. Namun bagaimana jika terjadi adanya gangguan tumbuh kembang dari peserta didik. Dengan kegiatan PKM kelompok guru paud diharapkan diperoleh gambaran tumbuh kembang dari peserta didik.Kegiatan ini adalah kegiatan PKM pada kelompok guru PAUD di jajaran kelurahan Pekayon, kecamatan Pasar Rebo. Kegiatan ini dimulai dengan pembekalan kemampuan deteksi tumbuh kembang peserta didik kepada guru-guru paud. Selanjutnya guru-guru akan melakukan pemeriksaan terhadap tumbuh kembang peserta didik masing-masing yang didampingi oleh tim pengabdi. Hasil deteksi tumbuh kembang akan dianalisa bersama-sama dicarikan solusi apabila terjadi penyimpangan tumbuh kembang.Peserta didik PAUD di kelurahan Pekayon terbesar usia 5-6 tahun yakni sebesar 38,91% (121 anak) dan terkecil usia 2-3 tahun yakni hanya 1 anak (0,32%). Berdasarkan data gangguan terbesar pada usia 5-6 tahun yakni sebesar 4,18% dan terkecil usia 4-5 tahun sebanyak 0,32 % (1 anak). Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa: 1) Sebanyak 6,75% anak PAUD di kelurahan Pekayon yang mangalami gangguan perkembangan. 2) Jenis gangguan yang dialami adalah gangguan bicara.


Full Text:

PDF

References


Aceng Lukmanul Hakim (2011), Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar di Kabupaten dan Kota Tangerang, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 1, Januari 2011

Attila Dewanti,Joanne Angelica Widjaja, Anna Tjandrajani, Amril A Burhany (2012), Karakteristik Keterlambatan Bicara di Klinik Khusus Tumbuh Kembang Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Tahun 2008 – 2009, Sari Pediatri, Vol. 14, No. 4.

Aries Suparmiati, Djauhar Ismail, Mei Neni Sitaresmi (2013). Hubungan Ibu Bekerja dengan Keterlambatan Bicara pada Anak, Sari Pediatri, Vol. 14, No.5

Khoiriyah, Anizar Ahmad,Dewi Fitriani (2016), Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat bicara, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1):36-45

Kompasiana. (2015). Pos Paud- Tantangan, Hambatan dan Masa Depan Anak Indonesia. akses tanggal 8 Februari 2018: https://www.kompasiana.com/wikanwidyastari/pos-paud-tantangan-hambatan-dan-masa-depan-anak-indonesia_5520554a813311a27419f71f.

Kusnandi Rusmil (2015), Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI

Latifah Safriana (2017), Pengaruh Stress Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara (Speech Delay) pada Anak, Jurnal Permata Indonesia,Volume 8 No. 2, ISSN 2086-9185

Lolita Indraswati (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agama, Jurnal Pesona PAUD

PMK 65 (2015). Standar Pelayanan Fisioterapi. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Riandi Marisa, Permasalahan Perkembangan Bahasa Dan Komunikasi Anak, Portal garuda

Rumini, Sri dan Siti Sundari. 2004. Perkembangan anak dan remaja. Jakarta: Rineka Cipta

Sarah Novi Lia Sari, Yuli D Memy, Abla Ghanie (2015), Angka Kejadian Delayed Speech Disertai Gangguan Pendengaran pada Anak yang Menjalani Pemeriksaan Pendengaran di Bagian Neurootologi IKTHT-KL RSUP Dr.Moh. Hoesin, Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, Volume 2, NO. 1, 121-127

Tsuraya, Inas. 2013. Kecemasan Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Terlambat Bicara (Speech Delay) Di Rsud Dr. M. Ashari Pemalang. Skripsi, (Online), Jilid 2 Vol 2. ISSN 2252-6358

Yusuf, Syamsu. 2010. Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.