Perlindungan Konsumen Atas Ketidaksesuaian Voucher Game Online Pada Itemku

Prabanarawata Arfanza, Sylvana Murni Deborah Hutabarat

Abstract


Berkenaan dalam perkembangan internet yang sangat pesat, orang-orang kini mulai banyak yang bermain game online. Hal tersebut membuat orang-orang semakin kompetitif dan melakukan pembelian voucher game online untuk menunjang pengalaman bermain bersama pemain di seluruh dunia. Tetapi dengan banyaknya minat terhadap voucher game online nyatanya dalam transaksi jual beli voucher game online masih banyak terjadi ketidaksesuaian pengiriman produk voucher game online oleh pelaku usaha dalam menjual produknya sehingga hal tersebut jelas merugikan konsumen. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen akibat ketidaksesuaian pengiriman produk voucher game online di marketplace itemku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan konsumen atas hak-haknya yang dilanggar oleh pelaku usaha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian normatif yang disajikan dalam bentuk analisis kualitatif, yang bersumber dari studi kepustakaan dan studi kasus atas bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Hasil penelitian menemukan bahwa masih banyak konsumen yang dirugikan tetapi tidak mendapatkan perlindungan karena ketidaktahuannya atas perlindungan dari hak-hak mereka sehingga pada penulisan ini penulis menjelaskan    perlindungan hukum bagi konsumen yang dirugikan agar para konsumen tersebut sadar bahwa haknya sebagai konsumen dilindungi oleh hukum.

Keywords


ketidaksesuaian; perlindungan konsumen; voucher game

Full Text:

PDF

References


Buku

Marzuki, Peter Mahmud. (2019). Penelitian Hukum. Prenadamedia Group. Jakarta. Muhaimin. (2020). Metode Penelitian Hukum. NTB: Mataram University Press.

Murdiyanto, Eko. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal) Yogyakarta: Yogyakarta Press.

Salim dan Syahrum, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep Dan Aplikasi Dalam Ilmu Sosial, Keagamaan Dan Pendidikan, Citapustaka, Bandung.

Soekanto, Soerjono dan Sri Mamudji. (2015). Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suteki dan Galang Taufani. (2020). Metodologi Penelitian Hukum.

Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Jurnal

Bimantara, M. P., Njatrijani, R., dan Mahmudah, S., (2022), Hukum Konsumen dalam Melakukan Top Up Diamond pada Game online Mobile legends: Bang Bang Melalui Sistem In-App Purchase. Diponegoro Law Journal, Vol. 11 No. 2, hlm, 1.

Darihastining, S., Sholihah, I., Putri, F. N. A., dan Hidayah, A. W., (2019), Online Game As A Media To Improve Students’ Speaking Skill. ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, Vol. 3 No. 2, hlm. 156–168.

Yolanda, N. S., Marzona, Y., Husna, L., dan Azmir, S., (2021), The Effect of Addiction Online Game Factor by Private High School Students in Padang City. International Journal of Global Operations Research, Vol. 2 No. 1, hlm. 25–36.

Peraturan Perudang-Undangan

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Hukum Perlindungan Konsumen

Sumber Internet

Vika A. D. (2022). Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia.

databoks.katadata.co.id

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/16/jumlah- gamers-indonesia terbanyak-ketiga-di-dunia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 National Conference on Law Studies (NCOLS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Diterbitkan Oleh :

Fakultas Hukum

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Gedung Yos Sudarso, Jl. RS. Fatmawati Raya, Pd. Labu, Kec. Cilandak,

Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12450.

Hotline (WA) : 0815-1126-5117

Email : fh_conf@upnvj.ac.id

Website : hukum.upnvj.ac.id

Creative Commons License

NCOLS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.