Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Kualitas, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Perubahan Laba Bersih

Lasca Radella, Akhmad Saebani, Agus Maulana

Abstract


This research is a quantitative study that aims to analyze the effect of promotion cost, quality cost, and sales growth on profit growth. In this research, the population is the manufacturing company on IDX during the priode 2017 to 2019. Thus research used the Cluster Random Sampling by using the Slovin formula and collected a sample of 108 research data. The hypothesis in this research was tested by Multiple Linear Regression Analysis techniques with a significance level of 5%. The results obtained from this research are promotion cost have not effect on profit growth, quality cost have a negative effect on profit growth, and sales growth have a positive effect on profit growth.

Keywords


promotion cost; quality cost; sales growth; and profit growth.

Full Text:

PDF

References


Alfi, A. N. (2019, August 14). Semester I/2019, Belanja Iklan & Promosi Kino Indonesia (KINO) Capai Rp430,36 Miliar. Retrieved October 14, 2020, from https://market.bisnis.com/read/20190814/192/1136346/semester-i2019-belanja-iklan-promosi-kino-indonesia-kino-capai-rp43036-miliar

Assauri, S. (2012). Strategic Marketing. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ayuningtyas, D. (2019, March 21). Empat Tahun Berturut-turut Laba Indocement Turun. Retrieved October 14, 2020, from https://www.cnbcindonesia.com/market/20190321113028-17-62035/empat-tahun-berturut-turut-laba-indocement-turun

Blocher, E. J. (2000). Manajemen Biaya: dengan Tekanan Stratejik. Salemba Empat.

Dewi, K. (2014). Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Peningkatan Laba Bersih dengan Penjualan Sebagai Variabel Intervening.

Fathonah, F., Sukandani, Y., & Afrizal Miradji, M. (2019). Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Furniture Pt. Karya Yudha Tiara Tama Sidoarjo. Majalah Ekonomi _ ISSN No. 1411-9501, 24(2), 142–148.

Felicia, & Gultom, R. (2018). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Jurnal Imu Manajemen METHONOMIX, 1(1), 1–12.

Firmansyah, T., & Darsawati, E. (2016). Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung Dan Biaya Promosi Terhadap Tingkat Laba Bersih Perusahaan Pada PD. Mochi Lampion Kaswari Periode 2012-2014. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 5(9), 68–80.

Harianto, F., & Sudomo, S. (1998). Perangkat dan teknik : analisis investasi di pasar modal Indonesia (Ed. 1.). Jakarta: Bursa Efek Jakarta.

Harnanto. (2002). Akuntansi Keuangan Menengah Buku 1. BPFE-Yogyakarta.

Komara, A. T., Djuhara, D., & Sonia, L. (2012). Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Laba Bersih Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Pindad (Persero)). Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.1002/cta.2123

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Marketing Management. (January 2006), 1–5.

Kurniawan, W. (2014). Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Dealer Aceh Motor Boyolali). Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007

Lundholm, R. J., & Sloan, R. G. (2007). Equity Valuation and Analysis with EVal. McGraw-Hill Irwin.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Pribadi, J. T. (2015). Pengaruh Biaya promosi Terhadap Volume Penjualan Implikasinya Terhadap Peningkatan Laba Bersih (survei Pada Tiga Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2014) (UNIKOM). UNIKOM, Bandung.

Rustami, P., Kirya, I. K., & Cipta, W. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–9.

Sari, I., Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Dan Return on Equity Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Batu Bara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015. Jurnal Balance, XIII(1).

Silviana, R., & Asyik, N. F. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Perubahan Laba. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(1), 1–21.

Sitohang, H., Fahrizal, A., & Luthfi, M. (2015). Pengaruh Pertumbuhan Modal Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 1–8.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Swastha, B. (2007). Azas-Azas Marketing.

Yuda, I. M. A., & Sanjaya, I. K. P. W. (2020). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjulan terhadap Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(1), 1–8. https://doi.org/10.22225/we.19.1.1406.35-42

Yuliantina, A. L. (2020, April 21). Sido Muncul akan mengurangi biaya promosi. Retrieved October 14, 2020, from https://industri.kontan.co.id/news/sido-muncul-akan-mengurangi-biaya-promosi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Konferensi Riset Nasional Manajemen Akuntansi dan Ekonomi

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.