PERIKLANAN, PEMASARAN LANGSUNG, PENJUALAN PERSONAL DAN KESADARAN MEREK CRISP ENYE-ENYE

Mutia Khoerunisa, Miguna Astuti, Suharyati Suharyati

Sari


Berdasarkan data popularitas merek camilan berbahan dasar singkong di Provinsi Banten, Crisp Enye-Enye berada pada posisi 11 dari 14 merek populer, artinya bahwa kesadaran merek Crisp Enye-Enye masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi konsumen Crips Enye-Enye terkait dengan periklanan, pemasaran langsung, penjualan personal dan implikasinya terhadap kesadaran merek. Populasi penelitian ini adalah konsumen Crisp Enye-Enye di daerah Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang dan Provinsi DKI Jakarta dengan sampel sebanyak 80 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1). Belum sepenuhnya konsumen sadar akan merek Crisp Enye-Enye, 2). Periklanan telah dilakukan dengan baik, 3). Pemasaran langsung melalui telepon mendapatkan perhatian tertinggi serta 4). Penjual telah melakukan langkah-langkah dalam penjualan personal dengan baik.


Kata Kunci


Periklanan; Pemasaran Langsung; Penjualan Personal; Kesadaran Merek; dan Crisp Enye-Enye

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ammurabi, S. D. (2019) Tekan Impor Gandum, MSI Usul Pengembangan 1 Juta Ha Singkong, Gatra.com. Available at: https://www.gatra.com/detail/news/459799/ekonomi/tekan-impor-gandum-msi-usul-pengembangan-1-juta-ha-singkong (Accessed: 15 February 2020).

Astuti, M., Sembiring, R. and Amanda, A.R., (2018). Program Kemitraan Komunitas Pada'enye-Enye’di Desa Mekar Agung, Kabupaten Cibadak, Lebak-Banten. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), pp.131-149.

Dewi, L. and Magdalena, F. (2017) ‘Pengaruh Personal Selling Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Bisnis Mahasiswa Universitas Ciputra’, Jurnal Eksekutif, 14(2).

Dewi, Y. L. and Sugandi, M. S. (2019) ‘Pengaruh Iklan Web Series SPace # “Kenapa Belum Nikah?” Terhadap Brand Awareness JD.ID’, Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), p. 141. doi: 10.14421/pjk.v12i1.1556.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak. (2019) Data Pangan Unggulan Kabupaten Lebak, Lebak Dalam Angka. Available at: http://dinaspertanian.lebakkab.go.id/.

Griffin, R. W. and Ebert, R. J. (2017) Bisnis. Ed 8 Jilid. Jakarta: Erlangga.

Kertamukti (2017) Strategi Kreatif Dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, dan Anggaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2012) Principle of Marketing. Fourteen E. England: Pearson Education Limited.

Lingga, M. A. (2019) Meski Produk UMKM, Ternyata Sangat Penting Miliki Brand dan Hak Cipta, Kompas.com. Available at: https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/26/174108026/meski-produk-umkm-ternyata-sangat-penting-miliki-brand-dan-hak-cipta. (Accessed: 15 February 2020).

Mardiatmi, B. D. and Pinem, D. (2016) ‘the Study on the Marketing Mix Development Strategy Analysis of Creative Industry Sme-Based in Depok West Java.’, International Journal of Business & Commerce, 5(6), pp. 91–104. Available at: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=plh&AN=115577762&site=ehost-live.

Prabawa, K. T. S., Sukawati, T. R. and Setiawan, P. Y. (2017) ‘peran brand awareness dalam memediasi hubungan iklan dan personal selling dengan niat beli’, E-Jurnal Manajemen Unud, 6(2), pp. 889–918.

Putri, A.N., Handayani, T. and Astuti, M., (2019). Pengaruh iklan, selebriti pendukung dan pemasaran dari mulut ke mulut terhadap kesadaran merek pada produk mie sedaap. Jurnal Manajemen, 11(1), pp.24-34.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rini, B. C. and Hasbi, I. (2015) ‘pengaruh advertising , sales promotion , dan direct marketing rakuten . Co . Id di instant messaging line terhadap brand awareness impact of advertising , sales promotion , and direct marketing rakuten.Co.Id at instant messaging line among brand aware’, in e-Proceeding of Management, pp. 1335–1342.

Septiningrum, W. and Sudrajat, R. H. (2019) ‘pengaruh jingle iklan susu koperasi peternakan bandung selatan pengalengan terhadap brand awareness’, e-Proceeding of Management, 6(2), pp. 5107–5117.

Shintarani, E. D. (2018) ‘Pengaruh Promosi Produk Seafoodking terhadap Brand Awareness Produk’, Nyimak (Journal of Communication), 1(2), pp. 209–220. doi: 10.31000/nyimak.v1i2.484.

Sulistyo, C. B. (2020) Pemberdayaan UMKM Menuju Go International, Investor Daily. Available at: https://investor.id/opinion/pemberdayaan-umkm-menuju-go-international (Accessed: 24 January 2020).

Suryana, M. (2019) Produksi ubi kayu di Lebak tembus 45.230 ton dengan luas tanam 2.539 hektare, Banten.antaranews.com. Available at: https://banten.antaranews.com/berita/74984/produksi-ubi-kayu-di-lebak-tembus-45230-ton-dengan-luas-tanam-2539-hektare (Accessed: 10 January 2020).

Syah, R. (2019) Pengaruh Jingle dan Tagline Iklan Teh Botol Sosro Terhadap Brand Aawareness Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Tjiptono, F. (2015) Strategi Pemasaran. 4th edn. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Widjaja, Y. R. (2019) ‘Pengaruh Tagline dan Media Periklanan Above the Line terhadap Brand Awareness Dapur Iga Bandung’, Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), pp. 224–230. doi: 10.36778/jesya.v2i2.92.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.