Pengaruh Keputusan Pembelian Smartphone di Aplikasi Tokopedia

Dyany Mahatmya Dite Sasri, Pandapotan Simarmata, Pusporini Pusporini

Sari


Perkembangan teknologi yang terjadi di era saat ini membuat banyak sekali perubahan salah satunya adalah banyak perusahaan yang menciptakan ide bisnis dengan memanfaatkan internet. Hal ini membuat banyak e-commerce yang saat ini ada di Indonesia dimana menjadi salah satu faktor penyebab perubahan gaya hidup masyarakat yaitu melakukan pembelian di e-commerce yang ada salah satunya adalah Tokopedia. Salah satu produk yang saat ini banyak dibeli oleh konsumen adalah smartphone. Penelitian yang telah dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Dimana tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apakah keputusan pembelian smartphone pada aplikasi Tokopedia dipengaruhi oleh digital marketing, brand image dan harga. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna dan pembeli smartphone di aplikasi Tokopedia. Sampel yang digunakan berjumlah 75 orang responden, dengan menggunakan teknik probability sampling dan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner menggunakan goggle form. Teknik analisis yang digunakan yaitu PLS (Partial Least Square) dengan mengunakan software SmartPls 3.3.2. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah digital marketing dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara untuk brand image itu sendiri tidak mempunyai pengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.