Pengaruh Brand Image, Promosi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Di Masa Pandemi Covid-19

Sarah Luthfiyyah Anjani, Yuliniar Yuliniar, Alfida Aziz

Sari


Pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian di Indonesia. Hampir semua sektor industri terkena dampak dari pandemi Covid-19, salah satunya yaitu sektor akomodasi & makan minum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing dari brand image, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat Jakarta Barat yang mengonsumsi Pizza Hut selama masa pandemic Covid-19. Sumber data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Brand Image memiliki pengaruh positif sebesar 0.790 dan signifikan. (2) Promosi memiliki pengaruh positif sebesar 0.042 dan tidak signifikan. (3) Harga memiliki pengaruh positif sebesar 0.077 dan tidak signifikan. Dengan nilai adjusted R square sebesar 0.787 atau 78.7%.


Kata Kunci


brand image; promosi; harga; keputusan pembelian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Anita, T. L., & Ardiansyah, I. (2019). The Effect of Brand Awareness, Brand Image and Media Communication on Purchase Decision in the Context of Urban Area Restaurant. Journal of Business and Entrepreneurship, 7(2), 40–50. http://ojs.sampoernauniversity.ac.id/index.php/JOBE/article/view/70

Award, T. B. (2020). Top Brand Award. www.topbrand-award.com

Business Insight. (2020, September). Inilah Sektor Usaha yang Mengalami Dampak Paling Buruk dari Pandemi. Insight.Kontan.Co.Id. https://insight.kontan.co.id/news/inilah-sektor-usaha-yang-mengalami-dampak-paling-buruk-dari-pandemi

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (edisi-5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modelling Metode Alternatif Dengan PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) (4th ed.). Universitas Diponegoro Semarang.

Hatta, I. H., Rachbini, W., & Parenrengi, S. (2018). Analysis of product innovation, product quality, promotion, and price, and purchase decisions. South East Asia Journal of Contemporary Business, 16(5), 183–189.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Analyzed the Effect of Product , Price , Promotion and Location on Purchase Decision. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1757

Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (3rd ed.). Salemba Empat.

Maldini, D., Perkasa, F. M., Irfansyah, M., & Kaniawati, K. (2021). Promotion , Product Quality , and Price on Purchase Decisions on Duldimsum Outlet. 58(January), 681–689.

Manambe, Hesty Fanny; Lapian, S.L.H.V Joyce; Soegoto, A. S. (2019). Keputusan Pembelian ( Studi pada Rumah Makan Rosita Mando) Product Quality,Price and Servicescape Influence on Purchasing Decisions ( Study at Rosita Manado Restaurant ). 7(4), 5456–5465.

Morissan. (2014). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Kencana Prenadamedia Group.

Pradita, S. R., & Yuli, H. (2017). Effect of Brand Image and Perceived Price Towards Purchase Decision in Kentucky Fried Chiken (KFC). Journal of Marketing and Consumer Research, 36(9), 13–21.

Putu, N., Pratami, N., Kurniawan, R., Rizal, M., & Wahid, M. (2021). The Effect of Advertising and Price on Purchase Decision to Popular Milk Coffee Products in the Pandemic Era in Bandung. 58, 303–310.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen - Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. ANDI.

Satgas Covid-19, C. I. (2020). Kilas Balik Pandemi Covid-19 di Indonesia. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201110123516-25-568018/kilas-balik-pandemi-covid-19-di-indonesia

Sumartiningtyas, H. K. N. (2021). Setahun Pandemi di Indonesia, Apa Saja Penanganan Covid-19 yang Harus Dibenahi? Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/02/120100823/setahun-pandemi-di-indonesia-apa-saja-penanganan-covid-19-yang-harus?page=all

Tampi, J. R. E., Igir, F. G., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). 6(002), 86–96. https://doi.org/10.35797/jab.6.002.2018.19856.%p

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.

Yan, R. G. P. S., Repi, A., Lumanauw, B., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Pt Tridjaya Mulia Sukses Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1), 101–110.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.