Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Pegadaian Melalui Kepuasaan Sebagai Variabel Interven
Sari
Riset ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, inovasi layanan serta kualitas layanan terhadap loyalitas pada pelanggan di pegadaian cabang pasar senen kepuasan sebagai variabel interven. Menggunakan metode sempeling yaitu non probability sampling serta purposive sampling. Sumber data dengan menyebarkan kuesioner terhadap 100 responden. Alat analisis yang dipakai adalah SmartPLS 3.3. Berikutnya hasil yang diperoleh (1) Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan 2) Inovasi layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (4)Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan disimpulkan bahwa inovasi produk, inovasi layanan, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Serta kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci
inovasi produk; inovasi layanan; kualitas layanan; kepuasan pelanggan; loyalitas pelanggan.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Diterbitkan oleh:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450
Email: biema.feb@upnvj.ac.id
Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.