Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan, Harga, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan E-commerce Traveloka (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sari
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tentang pengaruh persepsi risiko, kemudahan, harga dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online menggunakan E-commerce pada situs Traveloka. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner sebagai sumber data dan Alat analisis menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan jumlah 1.344 mahasiswa dan menggunakan metode purposive sampling maka diperoleh data yang dapat diolah sejumlah 139 mahasiswa Dengan memanfaatkan bantuan dari program Statistical Package for the Social Sciens (SPSS).
Berdasarkan hasil analisis memberikan bukti bahwa persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Sedangkan persepsi kemudahan, harga dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online menggunakan E-commerce pada situs Traveloka khususnya pada mahasiswa prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfonso, D. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-Commerce Melalui Traveloka.com Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Konsumen Traveloka.com di Kota Medan). Skripsi, 2–84.
Amijaya, G. R. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Interfaces, 30, 117–118.
Amirudin M. Amin, H. (2020). The Effect of Trust, Easiness, and Promotion on Online Purchase Decision Of Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96.
Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN MENGGUNAKAN E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1), 1–8.
Aziz, V. R. A. (2015). Pengaruh Persepsi Risiko dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online Melalui Blackberry Messenger (BBM). Psikoborneo, 3(2), 186–196.
Bauboniene, Z., & Guleviciute, G. (2015). E-Commerce Factors Influencing Consumers’ Online Shopping Decision. Social Technologies, 5(1), 74–81. https://doi.org/10.13165/ST-15-5-1-06
Budhi, G. S. (2016). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 78–83. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10880
Cho, Y. C., & Sagynov, E. (2015). Exploring Factors That Affect Usefulness, Ease Of Use, Trust, And Purchase Intention In The Online Environment. International Journal of Management & Information Systems, 19(1), 21–36. https://doi.org/https://doi.org/10.19030/ijmis.v19i1.9086
Chu, S. C., Leung, L. C., Hui, Y. Van, & Cheung, W. (2007). Evolution of e-commerce Web sites: A conceptual framework and a longitudinal study. Information and Management, 44(2), 154–164. https://doi.org/10.1016/j.im.2006.11.003
Hartono, J. (2014). Analisis dan desain sistem informasi : pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. ANDI.
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(2), 198–209. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2155
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Orasi Bisnis, VI(November), 95–112.
Jamaludin, A. (2015). PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 21(1), 85820.
Nabila, K. N., & Listyorini, S. (2016). DAMPAK KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KUALITAS INFORMASI DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (STUDI PADA PENGGUNA SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS DIPONEGORO). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 313–324.
Park, C. H., & Kim, Y. G. (2003). Identifying key factors affecting consumer purchase behavior in an online shopping context. International Journal of Retail & Distribution Management, 31(1), 16–29. https://doi.org/10.1108/09590550310457818
Peterson, R. A., Balasubramanian, S., & Bronnenberg, B. J. (1997). Exploring the implications of the internet for consumer marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 25(4), 329–346. https://doi.org/10.1177/0092070397254005
Pramudana, K. A. S., & Santika, I. W. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Harga dan Pemasaran Internet Terhadap Pemesanan Ulang Online Hotel di Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10, 2247. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i10.p02
Putra, I. P. A. P. A., Sukaatmadja, I. P. G., & Giantari, I. G. A. . (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Terhadap Kepercayaan dan Niat Beli E-Ticket pada Situs Traveloka. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.9, 9, 3007–3030.
Rahmadanni, M., Nuringwahyu, S., & Nikin Hardati. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Di Situs Traveloka.Com. Jiagabi, 10(1), 102–109.
Rahmawati, L., & Nikmah, F. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis (JAB), 5(1), 125–128.
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal SNEMA-Padang-Indonesia, c, 345–352. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26. Rose Rahmidani (hal 344-352)_0.pdf
ROMNEY, M. B. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Selemba Empat.
Setiyawati, A. D., Hartati, S. J., & Maulana, Y. M. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Barang Menggunakan Metode Electre. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Barang Menggunakan Metode Electre, 12, 3.
Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.
Soelistio, Y. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Jasa Paket Pos Indonesia.
Srahman & singgih. (2019). Keputusan Pembelian Online ( Studi Kasus Pada Kaum Milenial DKI Jakarta ).
Sudaryono, D. (2018). METODOLOGI PENELITIAN. PT RajaGrafindo Persada.
Suresh, A. M., & Shashikala, R. (2011). Identifying factors of consumer perceived risk towards online shopping in India. In 3rd International Conference on Information and Financial Engineering IPEDR, 12, 336–341.
TOP BRAND INDEX. (2020). Www.Topbrand-Award.Com. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=traveloka
Traveloka. (2020). Traveloka.Com. https://www.traveloka.com/id-id/about-us
Usvita, M. (2017). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan dan Persepsi Akan Resiko Menggunakan E-commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survey pada Konsumen Lazada. co. id). No Title. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(1), 47–53.
Wahyuningtyas, Y. F., & Widiastuti, D. A. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Barang Fashion Di Facebook). Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha, 23(2), 112–120. https://doi.org/10.32477/jkb.v23i2.208
Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Equilibiria, 1(1), 95–108. http://journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/view/222
Zeithaml, V. A. (1988). Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, 52(3), 2–22. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/002224298805200302
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Diterbitkan oleh:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450
Email: biema.feb@upnvj.ac.id
Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.